Mata Asia yang sipit dan mayoritas berkelopak mata monolid, kadang memang bikin gemas untuk dirias. Sering kali sudah dipoles sampai tebal tapi hasilnya tetap saja enggak terlihat. 

Sebenarnya ada, lho, tips untuk menggunakan eyeshadow pada mata sipit dari Thuy Pham, penata rias asal Asia yang sudah merias model-model mancanegara. Yuk, disimak!

Pertama, gunakan concealar!

Phum menyarankan untuk melapisi kelopak mata dengan concealer pencerah seperti Dior Flash Luminizer.

Gunakan formula seringan mungkin untuk menghindari dari riasan mata yang tidak menempel kulit. Kelopak mata monolid akan lebih sering terkena gesekan setiap berkedip, karena langsung terlipat masuk. Maka semakin tipis lapisannya, maka semakin lama riasan wajahmu akan bertahan.

Gunakan pinsil waterproof berwarna hitam! 

Saat menggunakannya dibutuhkan tektik khusus. Teknik khusus Pham sendiri menggunakan ujung sisi pinsil dan menekannya ke dasar bulu mata agar terlihat. "Itu akan menciptakan efek smudge and smokey, bukan garis yang kasar."

Hindari garis dalam mata

Memoles eyeliner dan eyeshadow sampai ujung mata hanya akan memberikan kesan kotor dan menumpuk kotoran di sudut mata.

Sedikit angkat dagu dan pasang posisi serileks mungkin untuk mendapatkan sudut yang tepat dan menghindari penggunaan eyeshadow yang miring.

Lapiskan eyeshadow warna hitam

Gunakan kuas bulat dengan eyeshadown berwarna hitam yang ditekan kuat di atas liner waterproof yang sebelumnya sudah diaplikasikan untuk menciptakan lebih banyak dimensi warna. Tujuannya untuk menutup sisa warna kulit dalam menciptakan smokey eyes sempurna.

Jangan terus lapisi warna hitam di atas hitam!

Pham mengatakan kesalahpahaman umum tentang riasan smoky eye adalah orang berpikir mereka harus melapisi hitam di atas hitam. 

Jadi, hal yang harus dilakukan adalah melapisi warna hitam dengan warna kulit seperti coklat.

Jika kamu sudah puas dengan hasilnya, teknik di atas tadi rasanya sudah cukup untuk bertahan sampai siang hari.

Tetapi untuk meningkatkan rasa tegas pada mata, kamu disarankan untuk menyematkan beberapa eyeliner tahan air yang sama di sepanjang garis bulu mata bawah kamu. Lakukan dengan sikat datar, yang memberimu kontrol lebih baik dan hasil akhir yang lebih lembut. 

Bagi Pham, yang paling penting dari merias mata monolid adalah penempatan yang tepat.