Menu

Ratu Elizabeth II Meninggal di Usia 96 Tahun, Tengok Profil 'Sang Penguasa' Inggris Terlama dalam Sejarah!

09 September 2022 05:30 WIB
Ratu Elizabeth II Meninggal di Usia 96 Tahun, Tengok Profil 'Sang Penguasa' Inggris Terlama dalam Sejarah!

Ratu Elizabeth II. (instagram/theroyalfamily)

HerStory, Jakarta —

Inggris kini tengah berduka. Sang Penguasa yang paling lama berkuasa meninggal dunia. Ratu Elizabeth II meninggal dunia pada 8 September 2022 waktu setempat, tepat di usia 96 tahun. 

Kabar duka ini datang tak lama setelah Istana Buckingham mengumumkan kondisi kesehatan Ratu yang mengkhawatirkan pada Kamis (8/9) siang waktu Inggris.

Meninggalnya sang Ratu berjarak sekitar 1 tahun 5 bulan dari kematian suaminya, Pangeran Philip, yang meninggal tanggal 9 April 2021 lalu.

Putra Sulung Ratu Elizabeth II yakni Pangeran Charles akan menjadi Raja Inggris, karena Pangeran Charles memang berada di garis pertama menduduki takhta Kerajaan Inggris untuk menggantikan Ratu Elizabeth II.

Meninggalnya Ratu Elizabeth II menandai berakhirnya pemerintahan Sang Ratu selama lebih dari 70 tahun atau tepatnya sejak 6 Februari 1952 hingga 8 September 2022.

Ratu Elizabeth II adalah ratu monarki konstitusional dari 16 negara berdaulat di Inggris dan ketua dari 54 anggota negara-negara persemakmuran. Dia juga merupakan Gubernur Agung Gereja Inggris. 

Elizabeth naik takhta pada 6 Februari 1952, karena sang ayah, Raja Geoge VI meninggal dunia. Masa pemerintahannya selama 70 tahun merupakan masa pemerintahan terpanjang dalam sejarah Monarki Britania Raya mengalahkan nenek buyutnya, Ratu Victoria, yang memerintah selama 63 tahun.

Ratu Elizabeth II menjadi Ketua Persemakmuran sekaligus ratu dari tujuh Alam Persemakmuran Merdeka (Commonwealth Realms). Ini meliputi Britania Raya, Kanada, Australia, Selandia Baru, Afrika Selatan, Pakistan, dan Sri Lanka. 

Saat ini, selain empat negara pertama yang disebut di atas, Elizabeth juga merupakan Ratu dari Jamaika, Barbados, Bahama, Grenada, Papua Nugini, Kepulauan Solomon, Tuvalu, Saint Lucia, Saint Vincent dan Grenadines, Belize, Antigua dan Barbuda, serta Saint Kitts dan Nevis.

Profil Ratu Elizabeth

Baca Juga: Alasan Ratu Elizabeth II Selalu Mengenakan Pakaian Berwarna Neon

Baca Juga: Pangeran Charles Positif Corona, Bagaimana Keadaan Ratu Elizabeth II?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di Suara.com

Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

Oleh: Witri Nasuha