Beauty, sudah pada tahu 'kan tubuh sebagian besar tubuh kita terisi oleh mineral?

Tahu juga dong kalau kita dianjurkan untuk minum sehari kira-kira 2 liter air, sekitar 8 gelas?

Tapi tahu kah kamu air mineral seperti apa yang baik dikonsumsi oleh tubuh kita? 

Kegunaan minum air mineral yang cukup setiap hari adalah untuk mendukung fungsi tubuh, seperti pencernaan, metabolisme tubuh, mendorong makanan sampai menjadi limbah, dan menjaga suhu tubuh normal.

Dalam menjaga suhu tubuh di udara yang panas, bukan berarti kamu harus terus menerus minum air dingin dengan es.

Dalam penelitian, suhu 16 derajat adalah suhu air yang tepat untuk atlet yang mengalami dehidrasi. Jika kamu enggak merasa dehidrasi, ya gak perlu minum air yang suhunya dingin.

Apa saja sih, resiko minum air dingin yang dicampur dengan es dan kenapa lebih dianjurkan air mineral biasa atau hangat?

Setidaknya ada 5 gejala akibat minum air dingin dengan es yang cepat terlihat jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi air mineral dengan es, seperti:

Susah mencerna makanan

Bagi penderita alakasia, kondisi di mana sulit untuk menelan makanan dan minuman, air es memperburuk keadaan penderitanya. Sebaliknya, air hangat akan membantu pencernaan kamu.

Sakit tenggorokan

Es dari air yang kurang bersih dan ikut larut dalam air mineral yang kamu minum, dapat memicu tumbuhnya lendir di saluran pernapasan. Bila mana lapisan terus menumpuk, kamu bisa-bisa terkena inveksi di jalur pernapasan.

Menyebabkan pusing

Dilansir dari Tirto.id (14/10) Pernah ada penelitian yang melibatkan 669 perempuan, hasilnya menunjukkan bahwa air dingin dapat menyebabkan sakit kepala kepada sebagian orang.

Menyebabkan kontraksi otot

Baca Juga: Nggak Selalu Buruk, Begini Manfaat Minum Air Dingin Bagi Kesehatan Tubuh!

Air dingin dapat menyebabkan kontraksi otot, maka lebih disarankan untuk minum air hangat yang dapat memperlancar peredaran darah.