Menu

Sudah Tahu Beauty? Gak Cuma Diabetes tipe 1 dan 2, Ternyata Ada Juga Jenis Diabetes 1,5 Lho, Sama-sama Bahaya tapi Bedanya...

09 September 2022 15:48 WIB
Sudah Tahu Beauty? Gak Cuma Diabetes tipe 1 dan 2, Ternyata Ada Juga Jenis Diabetes 1,5 Lho, Sama-sama Bahaya tapi Bedanya...

Ilustrasi wanita sedang glucose meter untuk mengenali gejala brittle diabetes. (Freepik/jcomp)

HerStory, Bogor —

Beauty, banyak orang percaya bahwa ada dua jenis diabetes yaitu tipe 1 dan tipe 2. Menariknya, ada tipe lain yang tak cocok dengan kedua kelompok ini, yaitu diabetes tipe 1,5, juga disebut diabetes autoimun laten pada orang dewasa (LADA). 

Ini adalah kondisi yang memiliki beberapa sifat dan karakteristik diabetes tipe 1 dan tipe 2. Namun, dikatakan memiliki lebih banyak kesamaan dengan tipe 1 daripada tipe 2. 

Seperti diabetes tipe 1, tipe 1,5 memiliki komponen autoimun, di mana pankreas akan berhenti memproduksi insulin yang memadai, dan secara keliru merusak sel-sel penghasil insulin di pankreas.

Apa yang menyebabkan LADA atau diabetes tipe 1.5?

Tak ada cara untuk menentukan mengapa antibodi yang biasanya ada untuk melindungi sistem kekebalan kita dari patogen berbahaya menjadi jahat dan mulai menghancurkan sel-sel penghasil insulin tubuh sendiri.

Namun, para ahli percaya itu bisa dikaitkan dengan genetika seperti riwayat keluarga dengan kondisi autoimun. Selain itu, pemicu lingkungan juga bisa disalahkan. 

Faktor-faktor seperti obesitas atau kelebihan berat badan, infeksi virus dan stres telah dikaitkan dengan diabetes tipe 1,5, tetapi para peneliti belum mencapai kesimpulan.

Baca Juga: Kenali Tanda-tanda Ini pada Kulit Jika Kamu Terkena Serangan Diabetes!

Baca Juga: Penelitian: Pasien Corona yang Memiliki Riwayat Diabetes Risiko Kematiannya Lebih Tinggi, Ini Penjelasan Ahli

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.