Menu

4 Gejala Stroke yang Seringkali Diabaiakan, Hati-hati Moms!

09 September 2022 23:59 WIB
4 Gejala Stroke yang Seringkali Diabaiakan, Hati-hati Moms!

Ilustrasi pusing (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms tentu sudah tak asing dengan penyakit stroke, bukan? Berdasarkan data WHO, Indonesia merupakan negara nomor 2 dengan pasien stroke paling banyak di dunia. Kondisi ini bisa disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok, alkohol dan kurang olahraga.

Dilansir dari Health Line, terdapat beberapa tanda-tanda stroke yang wajib diwaspadai. Apa saja? Langsung aja simak ulasan berikut ini.

1. Badan mendadak lemas   

Pertama, badan merasa lemas atau mati rasa pada lengan, atau wajah adalah tanda umum dari stroke, terutama bila hanya terjadi pada satu sisi tubuh. Bila tersenyum dan melihat ke cermin, kamu mungkin akan menyadari bahwa salah satu sisi wajah terlihat turun.

Selain itu, apabila mengangkat kedua tangan, kamu akan mengalami kesulitan mengangkat salah satu tangan. Tergantung pada tingkat keparahan stroke, kamu juga mungkin mengalami kelumpuhan pada satu sisi tubuh.

2. Mendadak gelisah dan bingung

Stroke juga bisa menyebabkan kebingungan yang tiba-tiba. Selain itu seseorang akan mudah gelisah atau kesulitan berbicara. Contohnya, bila sedang mengobrol dengan seoarng teman, tiba-tiba kamu mengalami kesulitan berbicara, berpikir, atau memahami ucapan.

Baca Juga: Waduh! Apa Benar Wanita Lebih Berisiko Alami Stroke?

Baca Juga: Penelitian: Tidur Siang Dapat Mengurangi Risiko Terkena Penyakit Jantung dan Stroke

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari