Beauty, apakah kamu termasuk salah satu wanita yang mempunyai wajah jutek? atau kamu pernah dinilai jutek terhadap orang lain padahal orang tersebut belum mengetahui bagaimana dirimu? Jangan sedih, ternyata ini enggak hanya dirasakan oleh kamu aja lho, banyak yang mengalami hal seperti kamu dan memang hal tersebut sangat lumrah terjadi. 

Lalu sebenarnya apa sih yang membuat kamu selalu dianggap jutek? Padahal karakter aslimu enggak seperti itu.

Punya wajah jutek atau istilahnya sering disebut resting bitch face dimiliki oleh sebagian orang di dunia. Wajah seperti itu kerap menimbulkan persona bahwa kamu enggak bahagia, selalu merasa kesal, dan bisa juga dianggap sebagai orang yang enggak ramah.

Seorang ahli saraf, Jason Rogers menunjukan gambar netral wajah selebriti melalui perangkat lunak pemindaian wajah untuk menemukan perbedaan antara mereka yang memiliki wajah jutek dan mereka yang enggak memiliki wajah jutek. Jason menemukan bahwa wajah netral yang khas hanya akan mencatat sekitar 3% emosi tersembunyi.

Berbeda dengan orang-orang dengan wajah jutek, menunjukkan rata-rata 6% emosi yang mendasari. Sebagian besar dari itu menunjukkan ekspresi penghinaan. Penghinaan penuh ditunjukkan saat satu sisi mulut sedikit terangkat.

Hal tersebut terkait dengan fitur wajah. Beberapa orang memiliki bentuk bibir yang sedikit terangkat, hal tersebut yang membuat wajah mereka terkesan jutek, padahal mereka merasa netral. Hal tersebut bisa menyebabkan masalah karena dengan tipe wajah seperti itu seolah berekasi negatif seperti kebencian dan penghinaan untuk orang lain.

Ciri-ciri lain wajah jutek adalah fitur wajah yang cenderung turun ke bawah. Misalnya, beberapa orang memiliki mata tertunduk, kedua sudut mulut ke bawah yang membuat mereka terkesan kesal. Inilah mengapa orang sering mengira kamu jutek.