Menu

Bolehkah Minum Susu Saat Batuk Berdahak? Begini Lho Moms Kata Ahli

12 September 2022 09:25 WIB
Bolehkah Minum Susu Saat Batuk Berdahak? Begini Lho Moms Kata Ahli

Ilustrasi seorang perempuan minum susu (Pexel/Cottonbro)

HerStory, Jakarta —

Banyak mitos yang beredar di masyarakat bahwa kita tidak bolehh minum susu saat batuk berdahak. Apakah Moms salah satu yang percaya akan hal tersebut?

Sebenarnya, batuk dan pilek disebbakan oleh infeksi virus yang disebut rhinovirus. Infeksi virus ini dapat menyebabkan tubuh memproduksi lendir lebih banyak, sehingga kamu gampang ingusan dan rentan batuk berdahak.

Nah, minum susu saat pilek atau batuk bisa membuat tekstur dahak lebih tebal sehingga tenggorokan terasa lebih gatal dan gak nyaman daripada sebelumnya. Akan tetapi, minum susu tidak akan membuat tubuh semakin banyak memproduksi lendir.

Hal ini juga diperkuat oleh pernyataan dari sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 terbitan Journal of the American College of Nutrition. Dalam penelitian tersebut, menyatakan bahwa minum susu saat pilek atau batuk tak terbukti membuat kondisi kamu makin parah.

Meski demikian, kadang reaksi tidak nyaman yang ditimbulkan susu bisa disalah artikan sebagai alergi susu. Namun, alergi susu biasanya juga akan menyebabkan mual, perut kembung, atau diare.

Jadi, tak ada larangan minum susu saat batuk berdahak ya Moms. Jika kamu ragu, silahkan tanyakan pada dokter yang menanganimu. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele, Batuk Berdahak Bisa Pertanda Gagal Jantung! Kenali 5 Warna Dahaknya Sekarang Juga

Baca Juga: Mengandung Jahe Merah, Komix Herbal Jadi Obat Herbal yang Ampuh Redakan Batuk

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari