Menu

Ramai Diperdebatkan Warganet, Ini Cara Kompres Demam dengan Tepat

12 September 2022 12:25 WIB
Ramai Diperdebatkan Warganet, Ini Cara Kompres Demam dengan Tepat

Ilustrasi anak demam dan termometer (optimisticmommy.com/Edited by HerStory)

HerStory, Bandung —

Baru-baru ini ramai perdebatan mengenai kompres demam, yakni apakah sebaiknya menggunakan air hangat atau air dingin. Perdebatan ini pun dimulai ketika salah satu pemilik akun Twitter berdebat dengan seorang tenaga kesehatan profesional terkait suhu kompres yang tepat.

Melalui akun Twitter pribadi @erfinov98_, perempuan yang bernama Eriska tersebut memulai perdebatan dengan sosok perawat profesional bernama Rizal Do.

Adapun Rizal mengkoreksi beberapa mitos tentang kesehatan yang masih hadir di masyarakat yakni salah satunya adalah mitos mengenai kompres air dingin untuk menurunkan demam.

Nah, lalu bagaimanakan cara kompres demam yang benar? Yuk, simak penjelasan berikut!

Mengompres demam menggunakan air hangat

Dilansir dari berbagai sumber, kompres dingin ternyata bisa membuat demam semakin parah. Kompres dingin akan membuat tubuh mendeteksi perubahan suhu sebagai ancaman terhadap proses alami melawan infeksi yang dimiliki oleh tubuh. 

Sebab, tubuh memiliki reaksi alami yakni menaikan suhu untuk melawan infeksi bakteri maupun virus, ini adalah yang dinamakan dengan demam.

Baca Juga: Gak Boleh Disepelekan, Ini Gejala Demam yang Harus Diwaspadai

Baca Juga: Jangan Dianggap Remeh! Coba Konsumsi 3 Makanan Ini Saat Demam Menyerang Moms

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.