Menu

4 Bahaya Meletakkan Hp di Bawah Bantal saat Tidur, Jangan Dilakukan Lagi Deh!

12 September 2022 13:45 WIB
4 Bahaya Meletakkan Hp di Bawah Bantal saat Tidur, Jangan Dilakukan Lagi Deh!

Ilustrasi tidur dekat ponsel. (Freepik/drobotdean)

HerStory, Bandung —

Handphone (HP) saat ini memang menjadi barang yang enggak pernah jauh dari tangan kita. Bahkan, sebelum tidur pun seakan-akan menjadi kewajiban untuk memainkannya.

Kita pun sering menyimpan hp di bawah bantal untuk beberapa alasan. Namun, sebenarnya hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh dan harus segara dihentikan. Berikut adalah bahaya yang mengintai jika menyimpan HP di bawah bantal, dilansir dari berbagai sumber, 

1. Mengurangi kemampuan konsentrasi

Sebanyak 63i pemilik tidur dekat hp dengan menaruhnya tepat di sampingnya. Hal ini dilakukan agar mempermudah menjangkau hp atau agar bunyi alarm terdengar jelas. Namun, hal ini tentu berbahaya bagi kesehatan.

Menurut penelitian, hp bisa mengeluarkan radiasi elektromagnetik yang mampu memengaruhi kualitas tidur. Efek dari radiasi yang memengaruhi kualitas tidur ini menyebabkan aliran darah yang diarahkan ke otot-otot menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, di pagi hari mungkin kamu akan merasa kurang konsentrasi, nyeri, dan fokus.

2. Bisa menyebabkan kebakaran

Kasus hp terbakar atau meledak memang sudah banyak terjadi. Namun masih saja banyak orang yang ceroboh menaruh hp di bawah bantal, terlebih saat sedang dalam kondisi mengisi baterai dan dibiarkan semalaman.

Secara logika, hp dalam kondisi mengisi daya baterai akan cenderung cepat panas saat ditaruh di tempat yang tertutup seperti bantal, selimut, ataupun bahan tebal lainnya sehingga berisiko memicu kebakaran.

Baca Juga: Ngeri Abis! Kebiasaan Tidur Dekat Ponsel Bisa Sebabkan 5 Bahaya Ini

Baca Juga: Stop Mulai Sekarang! Ini yang Akan Beauty Alami Jika Sering Tidur di Dekat HP, Ngeri Euy...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.