Menu

Mengapa Ibu Hamil Gak Boleh Konsumsi Makanan yang Dibakar? Ternyata Bahaya Ini Siap Mengintai Jabang Bayi Moms

12 September 2022 11:05 WIB
Mengapa Ibu Hamil Gak Boleh Konsumsi Makanan yang Dibakar? Ternyata Bahaya Ini Siap Mengintai Jabang Bayi Moms

Ilustrasi perut gatal saat hamil. (Freepik/sri_sakorn42)

HerStory, Jakarta —

Selama kehamilan, Moms tak bisa konsumsi makanan sembarangan. Ya, beberapa  makanan harus dihindari ibu hamil agar kondisi bayi yang ada di dalam kandungan tetap sehat.

Nah, mungkin sebagian dari Moms bertanya-tanya apakah makanan yang dibakar boleh dikonsumsi ibu hamil? Jawabannya adalah, ibu hamil dianjurkan tidak mengonsumsi makanan yang dibakar.

Melansir jurnal Advances in experimental medicine and biology, memasak makanan pada suhu tinggi hingga gosong dapat menghasilkan senyawa hidrokarbon aromatik polisiklik (PAHs) atau karsinogen yang teridentifikasi menyebabkan kanker, Moms.

Selain menghasilkan senyawa PAHs yang menyebabkan kanker, makan makanan gosong atau hangus juga menciptakan senyawa berbahaya lain yang disebut heterocyclic amines (HCAs) yang bisa memicu mutasi DNA.

Tentu saja, hal ini akan sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Bahkan, tak hanya pada ibu hamil, bahaya ini juga bisa mengancam semua orang.

Baca Juga: Kandungan Skincare Apa yang Aman Digunakan Ketika Sedang Hamil?

Baca Juga: Apakah Ibu Hamil Boleh Mengonsumsi Minuman Berkafein?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.