Menu

Luar Biasa, Ternyata 3 Penyakit Ini Bisa Disembuhkan dengan Pijat Refleksi Moms, Nomor Dua Paling Banyak Dialami Wanita

12 September 2022 13:45 WIB
Luar Biasa, Ternyata 3 Penyakit Ini Bisa Disembuhkan dengan Pijat Refleksi Moms, Nomor Dua Paling Banyak Dialami Wanita

Ilustrasi wanita sedang dipijat (Freepik/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Sebagian orang mungkin memandang sebelah mata pijat refleksi. Padahal pijet refleksi ini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan karena menawarkan manfaat yang berlimpah.

Selain itu, pijat titik saraf ini merupakan pengobatan alternatif yang nggak mengharuskan pasien mengonsumsi obat-obatan. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan pijet refleksi, antara lain:

1. Mengurangi cemas dan stres

Jurnal Evidence-Based Complementary And Alternative Medicine (2014) menyebutkan bahwa pijat refleksi dapat mengurangi masalah depresi, kecemasan, atau gangguan tidur, Moms.

Pijat titik saraf dapat memberikan efek menenangkan karena meningkatkan hormon endorfin pada tubuh.

2. Mengurangi nyeri haid

Nyeri haid atau dismenore adalah salah satu keluhan yang sering dialami oleh banyak wanita. Pijat titik saraf rupanya dapat mengurangi gejala nyeri haid yang cukup mengganggu.

Teknik pijat ini juga lebih aman dari pijat perut yang berbahaya. Sebuah penelitian yang dimuat dalam jurnal Biomedical Research (2015) menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada intensitas nyeri haid yang dialami sebelum dan setelah melakukan pijat titik refleksi.

Baca Juga: Mengejutkan! Ini Manfaat yang Akan Kamu Dapatkan Jika Rutin Pijat Payudara

Baca Juga: Jangan Dianggap Sepele! 5 Pengidap Penyakit Ini Tak Boleh Lakukan Pijat, Bahaya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.