Menu

Jarang Banget Disadari, Ini 5 Tanda Pasti Keguguran yang Paling Umum, Please Jangan Diabaikan Moms!

12 September 2022 13:15 WIB
Jarang Banget Disadari, Ini 5 Tanda Pasti Keguguran yang Paling Umum, Please Jangan Diabaikan Moms!

Ilustrasi ibu hamil yang mengalami keluhan tanda keguguran. (Freepik/senivpetro)

HerStory, Bogor —

Moms, keguguran atau miscarriage adalah salah satu risiko yang perlu diwaspadai oleh ibu hamil. Tanda-tanda keguguran pun tak boleh kamu abaikan. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan perawatan yang disesuaikan dengan kondisi tubuh dan janin.

Menurut Mayo Clinic, 10 hingga 20 persen kehamilan yang diketahui berakhir akan dengan keguguran—tetapi persentasenya kemungkinan lebih tinggi karena fakta bahwa banyak yang terjadi pada awal kehamilan sehingga seorang wanita bahkan tidak menyadari bahwa dia hamil.

Dan dikutip dari Eat This, Senin (12/9/2022), berikut adalah sederer tanda utama dari keguguran yang paling umum, simak baik-baik ya, Moms

1. Sakit atau Kram di Perut atau Punggung Bawah

Rasa sakit bagian bawah perut saat sedang hamil adalah hal yang wajar di trimester pertama. Ini karena rahim yang membesar, otot ligamen yang meregang saat janin bertumbuh, dan perubahan hormon.

Bagian tubuh yang sering terasa sakit umumnya adalah area panggul, perut, dan punggung belakang bagian bawah.Namun, kondisi yang perlu diwaspadai adalah ketika sakit di bagian bawah perut sangat hebat sampai mengganggu aktivitas.

Pada kondisi yang sangat parah, sakit bagian bawah perut terjadi seperti kontraksi yang muncul setiap 5-20 menit sekali. Terkadang tanda keguguran bisa terjadi tanpa perdarahan dan hanya nyeri perut.

Baca Juga: Hati-hati, Moms! Ini Ciri-ciri Keguguran Tanpa Pendarahan!

Baca Juga: Pulih dari Perawatan Akibat Keguguran, Kini Chrissy Teigen Sudah Mulai Kembali ke Sosial Media

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: