Menu

Waduh! Ternyata DBD Bisa Merenggut Nyawa Lho Moms, Ini yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Penyakit Ini

12 September 2022 17:05 WIB
Waduh! Ternyata DBD Bisa Merenggut Nyawa Lho Moms, Ini yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Penyakit Ini

Nyamuk Aedes Aegypti pemicu DBD (Istimewa)

HerStory, Jakarta —

Moms, penyakit demam berdarah dengue atau DBD merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang ditularkan lewat gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Untuk mencegahnya, biasanya dilakuakn penyemprotan atau figging agar jentik-jentik nyamuk Aedes Aegypti tidak berkembang biak.

Meski begitu, kamu juga harus melakukan pencegahan sendiri di rumah Moms. Berikut ini hal-hal yang perlu kamu lakukan untuk mencegah demam berdarah, antara lain:

1. Bersihkan bak mandi

Air menjadi sarang nyamuk untuk berkembang biak. Ya, nyamuk betina akan bertelur di dingding bak yang terisi air, larva nyamuk kemudian akan mendapat makanan dari mikroorganisme yang hidup di sekitarnya.

Nah, berikutnya larva nyamuk akan melepaskan kulit pelindung mereka dan berkembang biak hingga tahap akhir. Oleh sebab itu, kamu harus rutin membersihkan bak mandi. Selain itu, hindari genangan-genangan air yang ada di rumah.

2. Gunakan kasa nyamuk

Alat satu ini sangat berguna Moms. Pasalnya, kasa nyamuk dapat mencegah nyamuk dari luar masuk ke dalam rumah. Kamu bisa memasang kasa di pintu atau jendela rumahmu.

Baca Juga: Beauty, Waspada! Flu hingga Leptospirosis, 5 Penyakit Ini Bisa Muncul saat Banjir

Baca Juga: Ternyata Ini Alasan Golongan Darah O Rentan Terkena Penyakit DBD

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: