Moms, sering enggak melihat si kecil sering menendang-nendang saat sedang minum susu? Memang tingkah laku bayi yang menendang-nendang ini akan menyulitkan si ibu karena membuat posisi menjadi berubah.

Enggak jarang Moms juga merasa kesal dan bingung kenapa bayi sering menendang-nendang kakinya. Bayi memang belum bisa berbicara sehingga menggunakan gerak untuk menyampaikan apa yang ia inginkan. Melansir dari Pop Mama (15/10/2020), begini alasan bayi menendang-nendang kakinya saat minum susu!

1. Posisi yang enggak nyaman

Alasan bayi sering menendang-nendang saat minum susu bisa jadi dikarenakan ia merasa posisi enggak nyaman. Si kecil ingin mengatakan pada Moms kalau ia mau berganti posisi. Oleh karena itu, cobalah Moms untuk memperbaiki posisinya. Jika si kecil masih terus menendangkan kakinya, konsultasikan ke dokter bagaimana cara menyusui yang tepat.

2.Tidak menyukai rasa ASI

Ternyata rasa ASI di kedua payudara bisa berbeda, lho, Moms! Bisa jadi ada rasa yang lebih asin dibandingkan payudara lainnya. Akibatnya si kecil menjadi enggak suka dan mulai menendangkan kakinya. Coba Moms ubah ke payudara lainnya agar si kecil enggak menendang-nendang lagi. Perlu diketahui juga, pola makan dan kondisi kesehatan si ibu mempengaruhi rasa ASI, lho!

3. ASI kurang lancar

Bisa jadi si kecil yang suka menendang itu karena kurang akan jumlah ASI yang ia dapatkan masih kurang. Terkadang jumlah ASI di kedua payudara berbeda sehingga saat si kecil mulai menendangkan kakinya, Moms cobalah memindahkan bayi untuk menghisap payudara lainnya. Oh iya Moms, supaya produksi ASI tetap lancar, disarankan untuk mengonsumsi sayuran seperti wortel, bayam, dan daun katuk.

Baca Juga: Moms, Menyusui Bisa Turunkan Risiko Kanker Ovarium, Lho! Begini Kata Ahli!