Moms, anak pasti selalu merengek jika keinginannya tak dipenuhi. Anak cenderung tak sabaran dan hilang kendali sehingga ia tantrum seperti menangis, berteriak, berguling-guling di lantai, hingga melempar barang. Hal ini tentunya bikin Moms frustasi. 

Nah, daripada marah-marah dan membentak anak. Moms sebaiknya mengajarkan sikap sabar sejak dini. Tujuannya agar anak bisa menumbuhkan rasa toleransi, nantinya hal tersebut akan membuat mereka terbiasa bersabar saat menghadapi hal besar hingga dewasa nanti. Merangkum dari berbagai sumber, Kamis (15/10/2020) berikut cara mengajarkan anak untuk bersabar.

1. Mulai Sedini Mungkin

Mulailah ajari anak sikap untuk bersabar sejak usia dini, bahkan ketika masih balita. Contohnya, dengan meminta mereka tenang dan menunggu 1-2 menit saat Moms menyiapkan makanan untuknya. Sikap sabar yang diajarkan sejak kecil ini akan berdampak baik kemudian hari. Seiring bertambahnya usia anak, Moms dapat mendorong mereka untuk berlaku sabar untuk hal yang lebih besar.

2. Ajari Anak Cara Mengendalikan Diri

Memiliki sikap kesabaran artinya anak belajar cara mengendalikan emosi dan tindakan mereka bahkan ketika cemas, bersemangat, atau lelah. Minta anak untuk bisa mengendalikan dirinya, sebelum kita memenuhi permintaanya. Memenuhi permintaan mereka ketika mereka sudah bisa mengendalikan diri akan menanamkan bahwa bertindak tak sabar bukanlah cara untuk mendapat apa yang mereka inginkan.