Menu

Gak Cuma Pengaruhi Sistem Reproduksi, 4 Efek Menopause pada Tubuh Wanita

12 September 2022 21:20 WIB
Gak Cuma Pengaruhi Sistem Reproduksi, 4 Efek Menopause pada Tubuh Wanita

Illustrasi Wanita Alami Menopause (Freepik/Edited by HerStory)

HerStory, Medan —

Menopause merupakan fase normal yang dialami oleh wanita setelah memasuki usia pertengahan 40 sampai 50 tahunan. Proses ini tak terjadi secara tiba-tiba melainkan telah melewati beberapa tahap hingga menimbulkan perubahan pada tubuh.

Salah satu perubahan yang paling umum dikenal adalah terjadi pada sistem reproduksi. Pada tahap ini siklus menstruasi secara bertahap akan mengalami perubahan hingga akhirnya berhenti total. 

Awalnya wanita akan mengalami siklus menstruasi yang berantakan. Volume darah yang keluar juga akan berbeda dari biasanya. Jangan khawatir sebab hal ini merupakan kondisi yang biasa.

Tak hanya memengaruhi organ reproduksi, ada bagian tubuh lain yang juga mengalami perubahan saat memasuki masa menopause, lho. Yuk, simak selengkapnya dalam artikel yang sudah Herstory rangkum berikut ini, Moms.

1. Penurunan hormon estrogen

Salah satu kondisi yang dialami wanita adalah penurunan hormon estrogen. Hal ini akan menyebabkan gairah seksual menurun, vagina menjadi kering, hingga sulit terangsang.

2. Mood berubah-ubah

Sistem saraf untuk mengatur suasana hati juga akan terpengaruhi. Memasuki masa menopause, wanita cenderung mengalami mood swing yang luar biasa, ketika senang bisa mendadak sedih. 

Bahkan, dalam kasus yang lebih parah wanita dapat mengalami gangguan kecemasan hingga depresi. Jika Moms mengalami hal ini jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan psikolog, ya.

Baca Juga: Wanita Wajib Tahu! Penelitian: Olahraga Teratur Dapat Mengurangi Risiko Berat Badan Naik saat Menopause

Baca Juga: Waduh! Wanita yang Menopause Dini Berisiko Alami Penyakit Jantung

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.