Menu

Bikin Anak Makin Lahap, Gini Lho Moms Cara Tambah Nafsu Makan Si Kecil dengan Mudah, Catat Ya!

13 September 2022 12:25 WIB
Bikin Anak Makin Lahap, Gini Lho Moms Cara Tambah Nafsu Makan Si Kecil dengan Mudah, Catat Ya!

Ilustrasi Anak Makan MPASI (Shutterstock/Edited By HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, apakah kamu punya kendala ketika ingin memberikan anak makan? Apakah si kecil sangat susah untuk menyentuh makanannya dan nafsu makannya terus menurun? Biasanya, hal ini sering menjadi kegelisahan para orangtua dan kerap membuat Moms bingung harus melakukan apa.

Untuk itu, orang tua harus segera menangani ini. Pasti para orang tua tak ingin anaknya mengalami gangguan pertumbuhan kan? Nah, kali ini ada sejumlah tips yang bisa dicoba. Simak baik-baik ya Moms!

Hormon ghrelin dan leptin merupakan hormon pengendali nafsu makan. Kedua hormon ini erat hubungannya dengan pengendalian nafsu makan. Nah, orang tua juga dapat memperkirakan asupan kalori yang dibutuhkan anak.

Rata-tara, anak berusia sekitar 2-3 tahun membutuhkan sekitar 1.000 kalori/hari, 4-8 tahun membutuhkan 1.200-1.800 kalori/hari, anak usia 9-13 tahun membutuhkan 1.600-2.200 kalori/hari.

Nah, dibawah ini adalah sejumlah tips bagi para orang tua yang anaknya susah untuk makan. Dilansir dari laman alodokter.com.

1. Jangan paksa anak

Para orang tua harus tahu! Kalau memaksa anak untuk makan karena khawatir justru dapat memancing ketegangan saat makan. Ini dapat membuat akan menjadi sensitif terhadap rasa lapar di kemudian hari.

2. Buatlah tampilan makanan yang menarik

Tampilan yang menarik pada makanan dapat menarik perhatian anak, ini juga bisa membuat waktu makan anak menjadi menyenangkan.

Orang tua mungkin bisa mengkombinasikan sayuran yang berbeda-beda, sajikan juga bersama sumber protein, karbohidrat, lemak, dan porsi makanan yang seimbang ya Moms!

Baca Juga: Anak Susah Makan? Ini Moms 6 Cara Menambah Nafsu Makan Anak, Catat Ya!

Baca Juga: Gak Cuma Buat Penyedap Masakan, Ini Manfaat Lain MSG Menurut Dokter! Ternyata Bisa Cegah...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.