Artis Vanessa Angel hari ini (15/10) menjalani sidang lanjutan terkait penggunaan obat terlarang, Xanax di Pengadilan Negeri Jakarta Barat.

Sidang yang membacakan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) menuntut Vanessa menjalani hukuman 6 bulan penjara. Ia dituntut bersalah karena mengkonsumsi dan memiliki 20 butir narkoba jenis Xanax dan ditangkap pada pertengahan bulan Maret lalu bersama dengan suami dan temannya.

Tuntutan dari Jaksa Penuntut ini sudah diringankan karena Vanessa mempunyai anak yang masih bayi dan berstatus sebagai ibu menyusui. 

"Terdakwa adalah seorang perempuan yang memiliki anak yang masih bayi berumur kurang lebih 3 bulan yang masih membutuhkan ASI eksklusif, kasih sayang, serta kehadiran seorang ibu di sisinya," ujar jaksa penuntut umum saat membacakan tuntutan di Pengadilan Negeri Jakarta Barat (PN Jakbar), Jalan Letjen S Parman, Palmerah, Jakarta, Kamis (15/10).

Di samping itu, Vanessa juga pernah terlibat kasus pidana lainnya yang berefek pada pemberatan sidang saat ini. Kasus sebelumnya yang menjerat Vanessa adalah prostitusi online di tahun 2018.

Vanessa didakwa melanggar Pasal 62 UU RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika juncto Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 49 Tahun 2018 tentang perubahan penggolongan psikotropika dalam lampiran UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.

Selain penjara selama 6 bulan, Vanessa juga harus membayar denda sebesar Rp10 juta. 

Baca Juga: Peramal Ini Prediksi Rumah Tangga Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Bakal Diguncang Orang Ketiga, Begini Katanya!

Dilansir oleh Hello Sehat, Xanax merupakan nama merek obat alprazolam, yang tergolong dalam jenis obat benzodiazepine. Obat ini berfungsi mengatasi masalah psikis, seperti depresi, gangguan kecemasan dan serangan panik. Vanessa sendiri mengaku mengkonsumsi pil tersebut karena susah tidur.