Menu

BKGN 2022 Ajak Masyarakat Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Hidup Lebih Sehat dan Produktif

13 September 2022 08:10 WIB
BKGN 2022 Ajak Masyarakat Rawat Kesehatan Gigi dan Mulut Agar Hidup Lebih Sehat dan Produktif

Press Conference Bulan Kesehatan Gigi Nasional. (Tasha Rainita/HerStory)

HerStory, Jakarta —

Bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Gigi Nasional, PT Unilever Indonesia, Tbk. melalui Pepsodent bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Asosiasi Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia (ARSGMPI) serta Kementerian Kesehatan Republik Indonesia meresmikan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022 di Gelora Bung Karno. 

Mengangkat tema “Pulih Bersama dengan Senyum Sehat Indonesia”, BKGN 2022 menyoroti isu pentingnya memulihkan kebiasaan menyikat gigi pagi dan malam hari, serta rutin berkonsultasi ke dokter gigi, yang mengalami penurunan selama pandemi. Dengan begitu. masyarakat diharapkan dapat kembali bangkit, hidup lebih sehat dan produktif dengan senyum Indonesia.

Menurut survei, terlihat bahwa di masa pandemi kebiasaan orang tua menyikat gigi pada pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur telah menurun sebesar 5%, bahkan pada anak penurunannya dua kali lebih besar, yaitu 11%. 

“Beberapa risiko yang dapat timbul di balik kebiasaan buruk ini adalah masalah gigi berlubang, infeksi gusi, hingga rasa sakit yang sangat mengganggu kenyamanan dan produktivitas. Bahkan di masa pandemi 60i orang yang mengalami sakit gigi tetap menghindari berkunjung ke dokter gigi. Untuk itu, diperlukan intervensi segera untuk memulihkan kebiasaan masyarakat dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut mereka," ungkap drg. Usman Sumantri, MSc, Ketua Pengurus Besar PDGI pada Senin (12/9/2022).

Menyikapi hal ini, Pepsodent bersama PDGI, AFDOKGI, dan ARSGMPI telah menghadirkan berbagai program untuk terus melindungi kesehatan gigi dan mulut masyarakat sekaligus mendukung pemerintah dalam mentransformasi sistem kesehatan di Indonesia. 

Salah satu inovasi terbesarnya adalah pemanfaatan teknologi digital melalui layanan teledentistry “Tanya Dokter Gigi by Pepsodent” yang sejak 2020 hingga sekarang telah melayani lebih dari 41.000 masyarakat. Layanan yang dilengkapi dengan fitur video call ini didukung oleh dokter gigi dari 28 Fakultas Kedokteran Gigi dan 107 PDGI cabang. 

Baca Juga: Keren! Menyambut Hari Kemerdekaan RI, Pepsodent Luncurkan Edisi Spesial Merah Putih untuk #MerdekakanSenyum Keluarga Indonesia

Baca Juga: Pepsodent Luncurkan Mouthwash dengan Teknologi CPC, Terbukti Bantu Kurangi Jumlah Virus SARS-CoV-2

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.