Menu

Tips Hadapi Anak yang Susah Makan Menurut Psikolog, Wajib Lakukan Ini Agar Nafsu Makan Kembali Bangkit Moms!

13 September 2022 14:55 WIB
Tips Hadapi Anak yang Susah Makan Menurut Psikolog, Wajib Lakukan Ini Agar Nafsu Makan Kembali Bangkit Moms!

Ilustrasi Anak Melakukan gerakan Tutup Mulut (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Anak yang susah makan adalah tantangan dan juga masalah bagi seorang ibu. Anak yang memiliki kecenderungan seperti ini biasanya akan selalu menolak apapun yang diberikan dan disajikan oleh ibu serta mengatakan bahwa mereka tak menyukai sajian tersebut. Padahal, itu adalah alasan untuk anak tak makan lho Moms.

Kondisi ini sendiri terkadang buat para ibu merasa bingung apa yang harus dilakukan agar anak makan. Bahkan, biasanya para ibu sendiri memberikan ponsel atau laptop sehingga anak bisa makan sambil menonton.

Padahal, hal tersebut justru memberikan dampak yang tak baik kepada anak. Psikolog Irma Gustiana Andriani, M. Psi mengatakan, urusan anak dan menonton adalah hal yang seharusnya tak dibarengi.

Menurut Irma, ketika anak makan sambil menonton akan membuatnya tak memiliki ingatan akan rasa dan tekstur. Hal tersebut juga yang membuat anak tak menemukan kesenangan saat makan sehingga malas melakukannya.

“Ketika makan ya makan, nonton ya nonton. Hal ini karena itu memengaruhi ingatan anak terhadap rasa dan tekstur makanan. Jadi konflik juga untuk anak saat makan sehingga tak menyenangkan,” jelas Irma dalam Webinar Ajinomoto X Katadata "Peran Umami dalam Mewaspadai Asupan Garam Berlebih untuk Hidup Lebih Sehat" yang diadakan pada Selasa (2/8/2022).

Baca Juga: Beauty Lagi Engga Selera Makan? Yuk Cobain Mindful Eating Biar Makanmu Jadi Lebih Enak dan Bermakna

Baca Juga: Moms Anak Tak Nafsu Makan Setelah Sakit? Jangan Panik, Begini Tips Mengatasinya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.