Menu

Hempas Komedo Hitam, Ini 7 Rekomendasi Produk Skincare untuk Bikin Kulit Glowing, Cuss Langsung Check Out!

13 September 2022 16:45 WIB
Hempas Komedo Hitam, Ini 7 Rekomendasi Produk Skincare untuk Bikin Kulit Glowing, Cuss Langsung Check Out!

Ilustrasi komedo hitam di wajah. (Pinterest/stylecraze.com)

HerStory, Jakarta —

Salah satu masalah kulit yang paling sering muncul selain jerawat adalah komedo. Selain itu, sangat susah dan penuh dengan kesabaran ekstra untuk menghilangkannya karena segala usaha yang dilakukan jika tak konsisten akan membuat komedo kembali bersarang.

Kini, banyak sekali produk yang mengatakan bahwa ampuh untuk menghilangkan komedo. Namun, apakah kamu sudah memilih yang sesuai untuk kebutuhan kulitmu dengan tepat Beauty?

Komedo pada dasarnya merupakan folikel rambut yang tersumbat oleh sel-sel kulit mati, minyak, dan bakteri sehingga menjadi lubang lebar di permukaan kulit. Komedo secara teknis dibagi menjadi dua, yakni komedo hitam (blackheads) dan komedo putih (whiteheads).

Ketika semua kotoran tersebut mengenai udara terbuka (karena bukaannya yang lebar), ia teroksidasi dan berubah warna menjadi hitam, inilah yang namanya blackheads.

Jika whiteheads cenderung lebih mudah diatasi, bagaimana cara menghilangkan komedo hitam?

Nah berikut beberapa produk skincare untuk menghilangkan komedo hitam yang disarankan, dirangkum dari Healthline.

1. Face wash mengandung salicylic acid

Asam salisilat (salicylic acid) adalah kandungan terbaik untuk mengobati blackheads dan whiteheads karena memecah bahan yang menyumbat pori-pori seperti minyak berlebih dan sel kulit mati.

Namun banyak orang cukup sensitif terhadap asam salisilat. Jika kamu salah satu pemiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan seminggu sekali saja. Jika terjadi iritasi hentikan penggunaan.

2. Scrub

Scrubbing secara teratur dapat membantu menghilangkan jumlah sel kulit mati yng berlebihan yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat. Proses ini juga dapat menghilangkan komedo yang ada.

Daripada mencari scrub yang keras, sebaiknya fokus pada kandungan asam alfa dan beta hidroksi (AHA dan BHA). 

Keduanya bekerja dengan menghilangkan lapisan atas kulit. Secara teori, ini dapat memperbaiki munculnya kerutan dan bintik-bintik penuaan, sembari membersihkan pori-pori dan membuat kulit lebih lembut.

3. Clay mask

Penggunakan clay mask membantu mengeluarkan minyak dan racun dari kulit, yang membantu membuka pori-pori. Beberapa clay mask mengandung belerang (sulfur) yang berfungsi untuk memecah sel-sel kulit mati yang membentuk komedo.

Produk ini cocok untuk kulit berminyak, namun bukan berarti pemilik kulit kering tak bisa menggunakannya. Jika kulit kamu kering, segera bilas setelah beberapa menit.

Apa pun masker yang kamu pilih, kamu dapat menggunakannya seminggu sekali atau dua kali seminggu.

Baca Juga: 7 Makanan Ini Bikin Kulit Jadi Glowing, Benar Enggak Sih?

Baca Juga: Ternyata Ini Lho, Cara Ampuh Agar Kulit Lebih Glowing! Rutin Minum Jus Woret dan Tomat Tiap Hari!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.