Menu

Waduh! Jadi Minuman Sejuta Umat, Minum Espresso Ternyata Bisa Bikin Kolesterol Tinggi, Begini Cara Aman Mengonsumsinya

13 September 2022 09:06 WIB
Waduh! Jadi Minuman Sejuta Umat, Minum Espresso Ternyata Bisa Bikin Kolesterol Tinggi, Begini Cara Aman Mengonsumsinya

Kopi Hitam. (Unsplash/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Apakah kamu pecinta espresso Beauty? Ya, minuman satu ini memang banyak digandrungi masyarakat. Namun, tahukah jika minum espresso berlebihan bisa bikin kolesterol tinggi?

Peranyataan tersebut didasarkan pada hasil penelitian yang diterbitkan dalam BMJ Open Heart. Dalam studi itu, para peneliti dari Arctic University of Norway, University of Oslo dan University of Gothenburg di Swedia mengambil sampel darah para peminum kopi.

Melansir Antara, Selasa (13/9/2022), setidaknya ada 21.083 orang Norwegia berusia 40 tahun ke atas yang mengikuti survei tersebut. Melalui data tersebut, para peneliti ingin menemukan bagaimana berbagai jenis kopi dapat mempengaruhi kadar kolesterol.

Hasilnya, peneliti menemukan orang yang minum tiga sampai lima cangkir espresso per hari memiliki kadar kolesterol tinggi, ketimbang mereka yang gak minum.

Menurut data, hubungan antara espresso dan kolesterol lebih kuat untuk pria daripada wanita. Temuan lainnya, mereka yang minum enam atau lebih cangkir kopi saring tiap hari dikaitkan dengan kadar kolesterol yang lebih tinggi pada wanita, tetapi tidak pada pria.

Kopi memang mengandung ribuan senyawa dan berdampak postif bagi kesehatan jika dikonsumsi dalam jumlah sedang. Namun, terlalu banyak kopi atau sumber kafein apa pun dapat memiliki efek samping, seperti rasa gelisah, cemas, mual, dan jantung berdebar. Dalam kasus ekstrem, bisa membuat orang tidak sadarkan diri.

Jadi, bijaklah dalam mengonsumsi kopi ya Beauty!

Baca Juga: Hati-hati, Kolesterol Tinggi Bisa Memperpendek Umur Lho! Itu karena...

Baca Juga: Coba 4 Cara Ampuh Ini untuk Cegah Kolesterol Tinggi, Apa Saja?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari