Menu

5 Kebiasaan Buruk Penyebab GERD yang Harus Dihindari, Salah Satunya Jangan Stres!

13 September 2022 12:50 WIB
5 Kebiasaan Buruk Penyebab GERD yang Harus Dihindari, Salah Satunya Jangan Stres!

Ilustrasi wanita menderita GERD. (Freepik/Jcomp)

HerStory, Bandung —

GERD atau gastroesophageal reflux disease merupakan penyakit yang terjadi ketika asam lambung naik kembali ke kerongkongan setidaknya dua kali dalam seminggu.  Hal tersebut dapat membuat lapisan kerongkongan bisa mengalami iritasi dan meradang.

Apakah Penyakit GERD Bisa Sembuh Total?

GERD sebenarnya bukan penyakit yang mustahil untuk disembuhkan. Namun terkadang, mengubah gaya hidup saja tidak cukup sehingga harus mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter. Nah untuk itu Moms perlu tahu beberapa penyebab yang membuat GERD tak bisa sembuh bahkan bisa memperlambat kesembuhan. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Stres

Stres bisa membuat gejala GERD semakin memburuk. Hal ini dapat membuat kondisi tubuh juga buruk dan akan membuat sulit untuk sembuh.

2. Konsumsi makanan yang memicu GERD

Mengonsumsi makanan yang dapat memicu GERD juga merupakan salah satu faktor penyebab GERD tak kunjung sembuh, seperti mengonsumsi makanan berlemak, asam, atau pedas.

3. Merokok

Merokok bisa melemahkan otot katup bagian bawah kerongkongan hingga membuat asam lambung malah semakin naik.

4. Tidak mau minum obat

Enggan untuk mengonsumsi obat yang telah diresepkan dokter sebagai pertolongan untuk menyembuhkan GERD juga dapat membuat GERD semakin buruk.

Baca Juga: Waspada! Ternyata Ini Penyebab GERD Enggak Bisa Sembuh Total

Baca Juga: Si Kecil Sering Muntah? Hati-hati Bisa GERD! Ini Sederet Tandanya

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.