Menu

Jangan Asal-asalan, Ini 4 Cara yang Tepat untuk Membersihkan Miss V

13 September 2022 14:50 WIB
Jangan Asal-asalan, Ini 4 Cara yang Tepat untuk Membersihkan Miss V

Ilustrasi organ reproduksi wanita. (Unsplash/Lana Abie)

HerStory, Bandung —

Organ intim perlu dibersihkan agar terhindar dari berbagai infeksi dan penyakit. Namun, apakah kamu tahu waktu yang tepat untuk membersihkan miss V?

Jangan asal-asalan karena terdapat waktu yang tepat untuk membersihkan miss V. Kapan saja waktu yang tepat? Yuk, simak penjelasan berikut!

1. Setelah buang air

Saat buang air kecil dan buang air besar, kamu wajib membersihkan vagina. Tujuannya agar kotoran yang menempel di area dekat vagina dari urine dan feses terbilas dengan bersih. Dengan begitu, tidak akan ada kesempatan untuk kotoran ini masuk dan menginfeksi tubuh.

2. Setelah berhubungan seks

Dengan membersihkan vagina setelah berhubungan seks, kamu akan terhindar dari iritasi dan berbagai infeksi. Tak perlu menggunakan sabun kewanitaan. Kamu hanya harus membilas vagina dengan air. Membersihkan vagina dengan sabun justru bisa meningkatkan risiko infeks karena dapat mengubah pH vagina normal.

Vagina punya kemampuan untuk membersihkan dirinya sendiri.Jadi, membilasnya dengan air saja sudah cukup. Kalau pun ada, gunakan air hangat untuk membantu membersihkan area luar vagina dengan lebih maksimal. Jika ingin pakai sabun, pilihlah yang tidak berpewangi dan berwarna.

3. Saat mandi

Jangan lupa membersihkan area miss v saat mandi. Hanya saja tak seperti anggota badan yang lain, kamu tak perlu menyabuninya. Cukup bilas dengan air mengalir dan usap dari depan ke arah belakang.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Membersihkan Miss V

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Membersihkan Miss V, Ampuhkah?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.