Menu

Dikenal Sebagai Tanaman Herbal, Inilah Manfaat Daun Sirih yang Gak Banyak Orang Tahu

13 September 2022 16:05 WIB
Dikenal Sebagai Tanaman Herbal, Inilah Manfaat Daun Sirih yang Gak Banyak Orang Tahu

Daun sirih.(Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Sudah sejak lama, daun sirih dikenal sebagai obat herbal yang digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit. Sebab, daun sirih kaya akan kandungan saponin, tannin, eugenol, dan berbagai jenis minyak esensial.

Daun sirih tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90 persen daun sirih terdiri dari air. Tak hanya itu, daun sirih juga kaya akan protein, Iodin, Sodium, vitamin V, vitamin B1, vitamin B2, dan asam nikotinat.

Lantas, apa saja manfaatnya? Kepoin yuk!

1. Mengobati penyakit asma

Gangguan pernapasan ini muncul berupa sesak serta sulit bernapas. Penderita bisa mengobati asma dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih setiap hari secara rutin.

2. Mengobati asam urat

Asam urat bisa mengganggu penderitanya saat kambuh. Pasalnye, penderita asam urat akan merasakan nyeri di sendi saat menggerakkan berbagai bagian tubuh. Nah, penderita asam urat bisa meredakan rasa nyeri tersebut dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih dan kapur sirih secara rutin.

3. Meredakan batuk

Salah satu khasiat daun sirih yang sampai sekarang masih dipercaya adalah kemampuannya mengatasi batuk. Air rebusan daun sirih mampu mengatasi batuk karena kandungan vitamin B dan C serta alkaloid untuk mengatasi peradangan penyebab batuk, Moms.

Baca Juga: Katanya Kunyah Daun Sirih Bisa Cegah Virus Corona? Ternyata Ini Lho Khasiatnya!

Baca Juga: Mengatasi Keputihan dengan Daun Sirih, Ampuhkah?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: