Menu

Moms Ternyata Ibu Positif Corona Boleh Tetap Beri ASI untuk Buah Hati, Tapi…

Virgilery Levana
16 Oktober 2020 12:10 WIB
Moms Ternyata Ibu Positif Corona Boleh Tetap Beri ASI untuk Buah Hati, Tapi…

Ilustrasi ibu menyusui (Pinterest/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Masa pandemi masih terus berlaku, virus covid-19 juga masih mengancam kesehatan kita. Begitu juga dengan kesehatan ibu yang sedang menyusui. Virus ini memang enggak memandang siapa yang akan menjadi pasien selanjutnya, bahkan ibu menyusui juga bisa terkena virus berbahaya ini, lho!

Namun, menurut dokter spesialis Obstetri dan Ginekologi, Kathleeen Juanita Gunawan mengatakan bahwa ibu yang baru melahirkan namun terkena virus covid-19 masih boleh menyusui bayinya. 

“Jadi prinsipnya tetap bisa karena ASI dianggap sebagai sesuatu yang baik sampai saat ini, makanan terbaik untuk bayi,” ujar Kathleen.

Meskipun sang ibu dinyatakan positif diperbolehkan untuk menyusui bayinya, peraturan mengenai protokol kesehatan tetap harus dilakukan ya, Moms! Seperti memakai masker, mencuci tangan hingga menjaga jarak.

“Kalau memang memungkinkan kondisi tetap bisa, tetapi tentu ibu dengan tetap menggunakan masker dan menjaga jarak dengan bayinya,” jelasnya.

Dokter spesialis Anak RSUD Jati Padang, Charles juga ikut menambahkan dengan mengatakan bahwa organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) enggak melarang ibu dengan positif covid-19 menyusui bayinya.

Namun, WHO tetap memberikan saran agar ibu tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. 

“Kalau ibunya terkonfirmasi positif maka tetap bisa melakukan IMD (Inisiasi Menyusui Dini) dengan protokol kesehatan ketat,” kata dr. Charles.