Menu

Kerap Menyerang Sistem Reproduksi Wanita, Yuk Kenali 5 Jenis Kanker Ginekologi Berikut Gejalanya Ini Beauty!

13 September 2022 15:20 WIB
Kerap Menyerang Sistem Reproduksi Wanita, Yuk Kenali 5 Jenis Kanker Ginekologi Berikut Gejalanya Ini Beauty!

Solidaritas peduli kanker payudara. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, kanker adalah penyakit yang berkembang ketika sel-sel dalam tubuh tumbuh di luar kendali. Namun, jika kita mendapatkan diagnosis yang cepat, maka dapat meningkatkan peluang untuk berhasil melawan kanker. 

Namun, dalam kasus kanker ginekologi, hanya kanker serviks yang memiliki tes skrining yang dapat menemukan kanker ini lebih awal – tahap di mana pengobatan dapat menjadi paling efektif.

Hal ini membuat semakin penting untuk dapat mengenali tanda-tanda peringatan kanker dan segera mencari bantuan profesional. 

Dikutip dari Times of India, Selasa (13/9/2022), berikut adalah 5 jenis utama kanker ginekologi dan gejalanya untuk kamu mengidentifikasinya sedini mungkin.

Jenis kanker ginekologi

Perlu kamu ketahui, Beauty, 5 jenis utama jenis kanker ginekologi ini meliputi kanker ovarium, kanker serviks, kanker rahim, kanker vagina, dan kanker vulva.

Tapi, ada juga jenis keenam, yakni kanker tuba falopi yang sangat langka.

Gejala umum yang tak bisa diabaikan

Berdasarkan lokasi kanker ini, tanda-tandanya juga akan muncul di sistem reproduksi. Ini termasuk nyeri panggul, kembung atau sakit perut, dan nyeri selama atau setelah berhubungan seks. 

Kamu juga mungkin mengalami pendarahan atau keputihan yang tidak normal, atau darah dalam urin, Beauty.

Benjolan atau nyeri di dalam atau di sekitar area genital juga bisa menjadi tanda kanker. Gejala umum lainnya termasuk gatal pada vagina dan keinginan yang berlebihan untuk buang air kecil.

Baca Juga: Jangan Diremehkan! Ini Gejala-Gejala Tak Terduga Kanker yang Perlu Kamu Ketahui

Baca Juga: Bahaya! Inflamasi pada Tubuh Bisa Picu Kanker Lho

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.