Menu

Please Moms! Jangan Sepelekan Demam, Bisa Jadi Kamu Mengidap Penyakit Ini

13 September 2022 14:32 WIB
Please Moms! Jangan Sepelekan Demam, Bisa Jadi Kamu Mengidap Penyakit Ini

Ilustrasi sakit karena demam berdarah. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Demam seringkali dianggap sepele bahkan diabaikan karena bisa sembuh dengan sendirinya. Namun ternyata, demam juga bisa jadi gejala penyakit serios lho. Salah satunya yaitu sakit tipes.

Jika tidak segera ditangani dengan baik, gejala tipes bisa berakibat fatal. Gejala tipes umumnya tidak akan langsung muncul segera setelah kamu makan atau minum sesuatu yang sudah terkontaminasi bakteri Salmonella typhi.

Gejala tipes baru akan muncul setelah masa inkubasi bakteri usai. Oleh karena itu, kamu wajib tahu ciri-ciri penyakit tipes seperti di bawah ini.

1. Demam

Gejala tipes yang paling umum terjadi pada orang dewasa adalah demam. Demam sebenarnya adalah hasil dari proses peradangan dalam tubuh yang dipicu oleh kerja sistem imun saat melawan infeksi bakteri Salmonella typhi.

Demam akibat tipes cenderung meningkat pelan-pelan di minggu pertama kamu terkena tipes, dan biasanya bisa mencapai 39 sampai 40 derajat Celsius. Namun, demam yang menjadi gejala tipes sering terasa lebih parah saat malam hari.

2. Tubuh terasa lemas

Saat terkena tipes, tubuh rasanya pasti lemas dan tak berenergi. Hal ini umum terjadi karena gejala tipes yang berupa diare membuat tubuh terus membuang banyak cadangan cairan dan elektrolitnya lewat feses serta keringat.

Baca Juga: Stop! Ternyata Inilah Cara Pertolongan Pertama yang Benar Saat Anak Demam, Moms..

Baca Juga: Moms, Anak Demam? Begini Cara Mengompres yang Benar Agar Panas Tubuh Cepat Turun

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari