Menu

Duh Ngeri... Mulut dan Gigi Tak Sehat Ternyata Bisa Picu Kanker Hati, Please Rajin Sikat Gigi Ya Beauty!

13 September 2022 17:35 WIB
Duh Ngeri... Mulut dan Gigi Tak Sehat Ternyata Bisa Picu Kanker Hati, Please Rajin Sikat Gigi Ya Beauty!

Ilustrasi sedang sakit gigi. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bogor —

Beauty, menyikat gigi penting untuk menghilangkan makanan yang menempel di antara gigi serta plak, lapisan putih lengket yang mengandung bakteri. Ini membantu menjaga kebersihan mulutmu untuk mencegah pembusukan atau gigi berlubang. 

Namun, tahukah kamu bahwa menjaga kebersihan mulut juga dapat mencegah penyakit berbahaya lainnya?

Menurut sebuah studi oleh Queen's University Belfast, memiliki kebersihan mulut yang buruk dapat meningkatkan risiko terkena kanker hati, lho Beauty!

Para peneliti menemukan bahwa orang yang menderita masalah kesehatan mulut, seperti gusi yang sakit atau berdarah, sariawan dan gigi yang hilang, memiliki risiko 75 persen lebih tinggi terkena karsinoma hepatoseluler, yang merupakan bentuk paling umum dari kanker hati primer.

Tentang studi

Studi ini menganalisis kohort lebih dari 469.000 orang di Inggris untuk menemukan hubungan antara masalah kesehatan mulut dan risiko kanker gastrointestinal, seperti kanker hati, usus besar, rektum, dan pankreas.

Para peneliti menemukan bahwa 4.069 peserta mengembangkan kanker gastrointestinal selama periode enam tahun. Dalam 13 persen kasus ini, pasien juga melaporkan kondisi kesehatan mulut yang buruk.

Mereka juga menemukan bahwa mereka yang memiliki kesehatan mulut yang buruk lebih cenderung berusia muda, perempuan dan tinggal di daerah miskin.

Baca Juga: Lebih Buruk dari Permen, 6 Makanan dan Minuman Ini Dapat Merusak Gigimu!

Baca Juga: Risih karena Banyak Karang Gigi? Coba Hindari Makanan Ini, Beauty!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Halaman: