Seringkali anak yang sudah remaja dan seharusnya sudah dapat mengurus dirinya sendiri malah masih mengharapkan orang tuanya. Bahkan dalam hal mengerjakan pekerjaan rumah pun tak pernah anak lakukan.

Hmm, manja banget ya! Moms tentu saja menginginkan anak yang mandiri. Kepribadian yang mandiri ini akan membuat Moms enggak merasa khawatir akan masa depannya. Untuk itu perlunya didikan yang tepat sejak anak masih dini. Nah, melansir dari berbagai sumber, ini cara yang bisa Moms lakukan supaya anak bisa menjadi pribadi yang mandiri! Yuk, disimak, Moms!

1. Berikan peraturan

Dengan adanya peraturan, anak akan belajar bagaimana cara mematuhi peraturan. Tentu saja cara ini enggak mudah dilakukan. Berikan peraturan seperti jangan terlalu banyak makan es krim karena akan membuatnya batuk. Jika si kecil tetap merengek, Moms harus tetap konsisten pada peraturan yang diberikan. Cara ini akan membuat anak lebih mematuhi peraturan dan memiliki kontrol diri.

2. Berikan uang saku

Jika anak sudah mulai mengerti mengenai harga uang, Moms harus mulai memberinya uang saku secara rutin. Enggak perlu dengan jumlah yang banyak. Cara ini akan membuat anak mulai belajar bagaimana mereka akan mengelola keuangannya sendiri. Moms juga bisa berikan apresiasi jika anak mendapatkan nilai yang bagus di sekolahnya dengan memberikan uang jajan lebih. Cara ini juga dapat membuat anak lebih termotivasi untuk belajar.

3. Jangan terlalu sering membantu