Menu

Tetap Waspada, Virus Cacar Monyet Mulai Bermutasi dan Lebih Berbahaya Nih Moms, Ini yang Harus Kita Lakukan

13 September 2022 16:03 WIB
Tetap Waspada, Virus Cacar Monyet Mulai Bermutasi dan Lebih Berbahaya Nih Moms, Ini yang Harus Kita Lakukan

Ilustrasi cacar monyet. (Shutterstock/Edited by HerStory)

HerStory, Jakarta —

Moms, Inggris telah melaporkan mutasi baru dari virus cacar monyet. Tak jauh berbeda dengan virus Corona, cacar monyet juga bermutasi karena sejatinya virus memang selalu bermutasi.

Kini, jenis virus cacar monyet baru telah terdeteksi di Inggris. Menurut UKHSA (Badan Keamanan Kesehatan Inggris Raya), seseorang telah terdiagnosis dengan cacar monyet setelah melakukan perjalanan ke Afrika Barat dan dia memiliki strain baru.

Pihaknya menghimbau agar semua orang berjaga-jaga jika virus tersebut lebih mematikan atau lebih mudah menular. Lantas, apa yang harus kita lakukan? Berikut ini langkah yang harus dilakukan untuk pencegahan cacar monyet, yaitu:

1. Hindari kontak dengan binatang primata

2. Hindari kontak dengan bahan apapun, seperti darah atau daging yang tidak dimasak dengan baik

3. Jaga jarak dengan penderita yang terinfeksi cacar monyet

4. Rajin membersihkan tangan, baik setelah kontak dengan hewan atau orang yang terinfeksi. Misalnya mencuci tangan dengan sabun dan air atau menggunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.

5. Gunakan alat pelindung diri saat merawat penderita. Sebaiknya tenaga kesehatan, laboratorium, maupun orang yang diduga terpapar dengan penderita dan spesimennya diberikan vaksin cacar monyet.

Itulah lima cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah penularan cacar monyet. Satu hal yang gak kalah penting yaitu jaga imunitas tubuh dengan memiliki pola hidup sehat. 

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Cara Penularan serta Tanda Gejala Penyakit Cacar Monyet

Baca Juga: Lagi Mewabah, Ini Penyebab dan Gejala Cacar Monyet yang Perlu Kamu Waspadai, Catat Ya!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.