Menu

Jangan Abai Moms! Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Orangtua Demi Tumbuh Kembang Anak, Catat!

14 September 2022 16:25 WIB
Jangan Abai Moms! Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Orangtua Demi Tumbuh Kembang Anak, Catat!

Anak membawa tas berat ke sekolah (Pexels.com/Pixabay)

HerStory, Jakarta —

Bisa dibilang, kehadiran anak adalah karunia bagi keluarga kecil. Selain sebagai pelengkap, anak juga merupakan kebanggaan yang harus dijaga dengan baik hingga ia tumbuh dewasa. Maka dari itu, penting sekali bagi para orangtua untuk memperhatikan tumbuh kembang dan pendidikan sang anak ketika masa pertumbuhan.

Maka dari itu, memiliki anak bukanlah hal yang sepele. Banyak hal yang harus diperhatikan. Karena kehadiran anak tak hanya memberi dampak sehari atau dua hari. Bisa dikatakan sisa hidup kita akan merasakan dampak dari kehadiran anak. Jika kita siap, maka kehadiran akan membuat hidup kita menjadi lebih bahagia. Namun jika kita tak siap, maka anak justru bisa menjadi beban bagi kita.

Selain itu, sebagai orangtua kita juga memiliki kewajiban untuk mendidik anak kita agar tumbuh menjadi orang yang baik. Pola asuh dari orangtua akan sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang anak. Untuk itu, kita harus benar-benar siap ketika akan memiliki anak.

Berikut ini adalah 3 hal yang harus diperhatikan oleh orangtua untuk anaknya.

1. Ilmu Parenting

Pola asuh yang dilakukan oleh orangtua akan sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Jika cara mengasuhnya baik, maka anak bisa tumbuh menjadi orang yang hebat, mulai dari kepandaian hingga tingkah lakunya. Sebaliknya, jika cara mengasuhnya asal-asalan, maka perkembangan anak menjadi kurang maksimal.

Oleh sebab itu, hendaknya kita mengerti dasar-dasar parenting atau cara mengasuh anak dengan baik. Terutama saat masa-masa awal kehidupan anak kita misalnya umur 0-2 tahun, orangtua sangat berpengaruh dalam perkembangan anak.

2. Pendidikan

Seiring bertambahnya usia, maka anak kita harus menempuh pendidikan. Hal ini juga akan sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya selain dari pengaruh orangtua. Oleh sebab itu, hendaknya kita bisa memilih sekolah yang baik untuk anak kita. Jangan abai terhadap pendidikan anak, misalnya dengan tak menyekolahkannya. Hal tersebut bisa berdampak buruk pada anak itu sendiri.

Baca Juga: Selain Screening Time, Ada Juga Istilah Screen Break yang Harus Diterapkan Saat Anak Bermain Gadget

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Gadget Berpengaruh dalam Tumbuh Kembang Anak

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.