Menu

Moms Jangan Kaget Ya, 3 Perubahan Ini Mungkin Terjadi Setelah Melahirkan

14 September 2022 12:25 WIB
Moms Jangan Kaget Ya, 3 Perubahan Ini Mungkin Terjadi Setelah Melahirkan

Ilustrasi kesehatan reproduksi wanita. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Melahirkan secara normal ternyata dapat menyebabkan sedikit banyak perubahan di area kewanitaan atau vagina. Hal ini tentu merupakan hal yang normal dan bisa diatasi dengan berbagai cara.

Moms juga gak perlu khawatir berlebihan karena vagina merupakan organ yang elastis dan fleksibel. Namun, Moms perlu tahu ada beberapa perubahan pada vagina setelah Moms melakukan persalinan secara normal.

Perubahan pada Vagina setelah Melahirkan

1. Vagina Mengendur

Vagina merupakan organ yang sangat elastis dan dapat meregang hingga 10 sentimeter (cm) untuk memungkinkan kelahiran bayi. Setelah proses melahirkan selesai, vagina akan kembali ke ukuran semula seperti sebelum melahirkan.

Vagina di kelilingi oleh otot yang ikut meregang selama masa kehamilan hingga persalinan. Atas dasar inilah ukuran vagina mungkin tidak benar-benar kembali sama persis seperti sebelum melahirkan.

Dengan kata lain, salah satu perubahan vagina yang nampak setelah melahirkan yakni ukurannya yang agak lebih mengendur. Melansir dari NHS, vagina biasanya terlihat lebih kendur dan “lowong” ketimbang sebelum melahirkan.

Meski sifatnya elastis, ukuran vagina setelah melahirkan tidak benar-benar kembali persis seperti sebelumnya. Sejauh mana perubahan vagina bisa terpengaruh tergantung pada beberapa faktor, seperti ukuran besar kecilnya tubuh bayi serta penggunaan alat bantu persalinan meliputi ekstraksi vakum dan forceps.

Baca Juga: Jangan Panik, Inilah Perubahan Vagina Usai Melahirkan dan Cara Mengatasinya Agar Tetap Sehat...

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, 3 Perubahan Ini Mungkin Terjadi pada Vagina Setelah Persalinan Normal

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.