Menu

8 Camilan yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Lambung, Dijamin Asam Lambung Gak Kambuh

14 September 2022 13:35 WIB
8 Camilan yang Direkomendasikan untuk Penderita Asam Lambung, Dijamin Asam Lambung Gak Kambuh

Ilustrasi seorang wanita yang kecanduan makanan manis. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Mengonsumsi camilan merupakan salah stu cara untuk mengendalikan penyakit asam lambung agar tak mudah kambuh. Penderita penyakit yang dikenal dengan gastroesophageal reflux disease (GERD) ini perlu menjalankan pola makan sehat ramah asam lambung.

Alih-alih dengan makan tiga kali sehari dengan porsi banyak, penderita asam lambung lebih disarankan untuk makan tiga kali sehari dengan porsi kecil dan dua kali mengonsumsi camilan.

Dilansir dari Verwell Health, penderita asam lambung disarankan untuk mengonsumsi banyak serat dan menghindari makanan tinggi lemak jahat yang memicu naiknya asam lambung. Berikut beberapa rekomendasi camilan sehat yang bisa dikonsumsi untuk penderita asam lambung.

1. Buah 

Pilih camilan buah yang rasanya tidak terlalu asam karena bisa memicu asam lambung naik bagi sebagian penderita. Penderita asam lambung boleh makan buah seperti pisang, pir, semangka, apel manis, melon, bengkuang, anggur, atau buah lain yang tidak terlalu asam. Sebagian penderita pun terkadang asam lambungnya kambuh setelah makan buah jeruk, jeruk bali, lemon, atau nanas.  

2. Sayur 

Sama seperti buah, semua jenis sayuran pada dasarnya termasuk camilan yang baik untuk penderita asam lambung. Pilih camilan seperti wortel baby, seledri dengan sedikit selai kacang, mentimun, jamur, seledri, atau brokoli. Tapi, hati-hati dengan tomat, paprika, pare, atau bawang karena juga bisa menyebabkan asam lambung kambuh. 

3. Biji-bijian utuh 

Pilih biji-bijian utuh yang tinggi serat sebagai camilan untuk penderita asam lambung. Di antaranya makanan yang terbuat dari beras merah, oat, gandum utuh, quinoa, dll. Hal yang tak kalah penting diperhatikan, hindari makan camilan dari biji-bijian utuh terlalu banyak. Cukup makan dengan porsi kecil. 

Baca Juga: Ternyata.. Ini Dapat Mencegah Asam Lambung Naik saat Berpuasa, Benar Kah?

Baca Juga: Sering Salah, Ini Perbedaan Asam Lambung dengan Gejala COVID-19

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.