Menu

Viral Bocah 11 Bulan Mengidap Bronkitis, Benarkah Gegara Sang Ayah Perokok? Cari Tahu Jawabannya Yuk Moms!

14 September 2022 11:35 WIB
Viral Bocah 11 Bulan Mengidap Bronkitis, Benarkah Gegara Sang Ayah Perokok? Cari Tahu Jawabannya Yuk Moms!

Ilustrasi bayi menangis (Freepik/cookie_studio)

HerStory, Jakarta —

Belum lama ini viral bayi berusia 11 bulan mengidap bronkitis. Diduga, bronkitis yang dialami bocah malang itu terjadi lantaran sang ayah adalah seorang perokok, sehingga si bayi terpapar asap rokok setiap hari.

Benarkah asap rokok bisa menyebabkan bronkitis pada bayi dan orang di sekitarnya? Cari tahu jawabannya yuk Moms!

Sebelumnya, kamu harus tahu dulu apa itu penyakit bronkitis. Bronkitis merupakan peradangan pada lapisan saluran bronkial yang membawa udara ke dan dari paru-paru. Orang yang menderita bronkitis sering batuk dengan lendir yang mengental.

Nah, seseorang yang merokok atau mereka yang tinggal dengan perokok memiliki berisiko tinggi mengidap bronkitis. Terutama bayi dan anak kecil yang rentan terhadap infeksi.

Bahkan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menyebut, bahwa merokok bisa menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lainnya. Apalagi jika Moms merokok saat hamil ataudi sekitar orang hamil bisa menyebabkan masalah yang serius.

Parahnya, merokok bisa merusak paru-paru dan otak bayi yang sedang berkembang. Kerusakan bisa berlangsung hingga masa kanak-kanak sampai remaja.

Nah, jika Moms atau pasangan memiliki kebiasaan merokok, tak ada salahnya mulai sekarang berhenti. Selain menjaga kesehatan diri sendiri, secara tidak langsung kamu juga bisa menjaga kesehatan orang lain.

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.