Menu

Endometriosis Bikin Meringis, Cuss Hempaskan dengan Mengonsumi 5 ‘Super Food’ Ini Beauty!

14 September 2022 15:05 WIB
Endometriosis Bikin Meringis, Cuss Hempaskan dengan Mengonsumi 5 ‘Super Food’ Ini Beauty!

Seorang wanita tengah berbaring dengan memegang perutnya (Pinterest/Charday Penn)

HerStory, Bogor —

Beauty, apakah kamu pernah mengalami nyeri haid? Ya, semua wanita yang sudah haid paling tidak pernah mengalami nyeri atau kram perut saat datang bulan. 

Nyeri haid sebetulnya wajar, karena saat haid, dinding dalam rahim sedang meluruh. Namun, wanita perlu waspada ketika nyeri perut saat haid sampai mengganggu aktivitas sehari-sehari dan sampai membutuhkan obat pereda nyeri. Kondisi seperti itu bisa menjadi tanda-tanda penyakit organ reproduksi atau penyakit kandungan yang disebut endometriosis.

Dan tahukah kamu, Beauty, beberapa makanan mungkin terbukti bermanfaat bagi wanita dengan endometriosis, lho.

Meskipun tak ada diet endometriosis resmi, diet Mediterania adalah pilihan yang bagus karena menggabungkan makanan yang melawan peradangan, menurut Caroline Susie, RD, ahli diet terdaftar.

Diet ini berpusat pada makanan berserat tinggi seperti biji-bijian dan sayuran; makanan kaya antioksidan seperti buah-buahan berwarna; lemak sehat seperti minyak zaitun, salmon, kacang-kacangan, dan biji-bijian; dan makanan tinggi zat besi seperti sayuran berdaun hijau dan kacang-kacangan. 

Tapi ingat ya, Beauty, bahwa penelitian saat ini tentang diet endometriosis terbatas dan tidak konklusif — ini hanya saran bermanfaat yang dapat membantu mengurangi gejala.

Dan menurut Susie, sebagaimana dilansir dari Eat This, Rabu (14/9/2022), 5 makanan ini mungkin sangat membantu untuk menjinakkan gejala endometriosis. Yuk simak, Beauty.

1. Salmon

Salmon adalah ikan berlemak yang kaya akan asam lemak omega-3. Menurut Harvard T.H. Chan School of Public Health, omega-3 adalah lemak esensial—artinya tubuhmu tak dapat membuatnya sendiri dan harus mendapatkannya dari makanan—dengan kemampuan melawan peradangan. 

Berkat kelimpahan omega-3, salmon dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit, menjadikannya tambahan yang cerdas untuk diet  jika kamu menderita endometriosis, Beauty.

Baca Juga: Sukses Pangkas Berat Badan Hingga 50 Kg, Yuk Ketahui Apa Itu Diet Mediterania yang Disarankan Dokter Pribadi Adele!

Baca Juga: Kenalan Sama Sonoma Diet Yuk, Katanya Bisa Kurus Dalam 10 Hari

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.