Menu

Beauty, Vagina Sering Terasa Gatal? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

14 September 2022 15:35 WIB
Beauty, Vagina Sering Terasa Gatal? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya!

Kesehatan vagina. (pinterest/freepik)

HerStory, Jakarta —

Vagina gatal salah satu keluhan dari organ intim yang sudah sering terjadi pada wanita. Vagina gatal sering kali menggangu aktivitas keseharian, bahkan bisa menyebabkan beberapa masalah kesehatan pada organ intim.

Jika kamu mengalami vagina yang sering gatal, ada baiknya jangan terlalu di abaikan. Pasalnya, ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab dari vagina yang sering gatal.

Seperti yang dilansir dari laman JPNN.com.

1. Iritasi

Vagina yang terpapar bahan iritan sangat mungkin mengalami iritasi dan reaksi alergi. Adanya kondisi ini menyebabkan munculnya ruam kemerahan yang terasa gatal di bagian vital tersebut. Beberapa iritasi yang dimaksud, meliputi:

  • Sabun mandi mengandung detergen
  • Semprotan feminin
  • Vaginal douche
  • Kontrasepsi topikal (oles)
  • Pelembut kain
  • Kertas toilet beraroma 

2. Penyakit kulit

Beberapa penyakit kulit seperti eksem (atau lebih dikenal dengan sebutan eksim)  dan psoriasis dapat menyebabkan kemerahan dan gatal pada area genital, baik pada pria maupun wanita.

Eksim juga dikenal sebagai dermatitis atopik adalah ruam yang terutama terjadi pada orang dengan riwayat asma atau alergi. Ruam ini berupa kemerahan dan gatal dengan tekstur kulit yang bersisik. Kondisi ini dapat menyebar ke vagina pada beberapa wanita dengan eksim.

Sementara itu, psoriasis adalah penyakit kulit yang menyebabkan munculnya bercak merah bersisik dan gatal di kulit kepala maupun persendian. Terkadang kondisi ini juga dapat terjadi pada area vagina.

3. Infeksi jamur

Jamur secara alami terdapat pada vagina. Akibat satu dan lain hal, jamur-jamur tersebut bisa saja mengalami pertumbuhan yang tak terkendali dan menyebabkan terjadinya infeksi.

Saat terjadi infeksi jamur di bagian vagina, keluhan yang akan terjadi umumnya berupa sensasi gatal berlebih dan perasaan terbakar di sekitar vagina. Pada kasus lebih lanjut, infeksi jamur di vagina dapat menyebabkan lendir keputihan sangat kental menyerupai keju dan mengeluarkan bau yang tak sedap.

4. Vaginosis bakteri

Baca Juga: Miss V Terasa Gatal? Ternyata Ini 5 Penyebab Vagina Gatal, Jangan Digaruk!

Baca Juga: Gak Melulu 'Enak', Ini Penyakit yang Mengintai Kalau Vagina Terlalu Rapat! Waduh, Nomor 4 Nyeri Banget...

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Lihat Sumber Artikel di JPNN.com

Konten Sindikasi: Artikel ini merupakan kerja sama HerStory dengan JPNN.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel yang tayang di website ini menjadi tanggung jawab HerStory.

Oleh: Nasibah Azzahra