Menu

Moms, Jangan Makan Pisang Saat Perut Kosong! Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh

14 September 2022 23:50 WIB
Moms, Jangan Makan Pisang Saat Perut Kosong! Ini yang Akan Terjadi pada Tubuh

IIlustrasi seorang wanita makan buah pisang (Freepik/azerbaijan_stock)

HerStory, Jakarta —

Beberapa orang memilih buah pisang menjadi pilihan saat sarapan. Mungkin kelihatannya menyehatkan karena kamu mengonsusmi buah yang kaya akan vitamin dan mineral.

Namun, tahukah Moms kalau ternyata pisang tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong karena beberapa kandungannya yang gak cocok dengan konsisi perut saat itu.

Semakin matang pisang, semakin banyak gula yang dikandungnya. Efeknya, konsumsi pisang matang semakin besar pengaruhnya pada kadar gula darah.

Jika pisang yang kamu konsumsi berukuran besar dan matang atau dikonsumsi dalam jumlah besar dalam sekali makan, kadar gula darah bisa melonjak naik dengan cepat. Nah, nilai yang menentukan seberapa cepat makanan diubah menjadi gula dikenal dengan istilah indeks glikemik (IG).

Angka dari indeks glikemik adalah 0 sampai 100. Makanan apa pun dengan indeks glikemik di bawah 55, dianggap memiliki efek yang rendah pada gula darah. Akan tetapi, jika indeks glikemiknya di atas 55, itu artinya efeknya cepat pada gula darah.

Untuk buah pisang yang matang berukuran besar, angka indeks glikemiknya adalah 60. Ini artinya, buah pisang dengan cepat menaikkan kadar gula darah.

Peningkatan kadar gula darah yang cepat akibat makan pisang saat perut kosong bisa menyebabkan tubuh lemas dan cepat lapar. Oleh sebab itu, hindari makan buah pisang saat perut kosong ya Moms.

Jika untuk sarapan, kamu bisa menggantinya dengan oatmeal, serela, atau roti.

Baca Juga: Makan Buah Pisang Bisa Tangkal Virus Corona, Benar Enggak Sih?

Baca Juga: Menelik Manfaat Lain dari Buah Pisang, Bisa Menurunkan Berat Badan Lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.

Share Artikel:

Oleh: Sri Handari