Menu

Moms Catat! Ini 10 Nama Bayi yang Dilarang Negara, Jangan Coba-coba Pakai Kalau Gak Mau Kena Masalah!

15 September 2022 08:25 WIB
Moms Catat! Ini 10 Nama Bayi yang Dilarang Negara, Jangan Coba-coba Pakai Kalau Gak Mau Kena Masalah!

Ilustrasi bayi menangis (Freepik/cookie_studio)

HerStory, Jakarta —

Moms tahu gak sih, memberikan nama anak gak boleh sembarangan lho di beberapa negara. Bahkan, mereka memiliki aturannya sendiri dalam memberikan nama untuk bayi yang baru lahir.

Konon katanya, beberapa nama yang dilarang untuk dipakai karena bisa memberikan masalah kedepannya untuk sang anak diantaranya adalah ejekan.

Lalu, apa saja sih nama yang dilarang di beberapa negara? Yuk gulir terus!

1. Nutella: pada 2015, pengadilan di Valenciennes, Prancis, memutuskan bahwa pasangan suami-istri tak boleh memberi nama putri mereka dengan nama Nutella. Nama Nutella yang diberikan kepada anak tersebut merupakan nama dagang yang dapat menyebabkan ejekan atau niat yang meremehkan.

2. Anal: menurut Badan Pencatatan Kelahiran, Kematian, dan Perkawinan Selandia Baru, nama Anal dianggap cabul dan memiliki makna negatif sehingga dilarang di Selandia Baru.

3. Gesher: seorang ibu di Norwegia dijebloskan ke penjara pada 1998 karena menolak untuk mengubah nama putranya Gesher, yang dalam bahasa Ibrani berarti 'jembatan'. Norwegia memang memiliki aturan baku dalam memberikan nama pada bayi.

4. Osama Bin Laden: pihak berwenang Jerman melarang pasangan Turki yang tinggal di Cologne memberi nama bayi laki-laki mereka Osama Bin Laden pada 2002. Pasalnya, nama Osama identik dengan pemimpin jaringan Al-Qaeda yang diduga bertanggung jawab atas serangan 11 September.

5. Nirvana: Portugal memiliki undang-undang sebanyak 80 halaman yang mencantumkan nama-nama yang legal dan tak. Nirvana termasuk di antara lebih dari 2.000 nama yang dilarang.

6. Sarah: saat menamai anak-anak mereka, orang tua Maroko harus memilih dari daftar nama yang dapat diterima yang sesuai dengan identitas Maroko. Nama Sarah dengan 'H' dilarang karena dianggap sebagai ejaan Ibrani, tetapi bahasa Arab 'Sara' boleh dipergunakan.

7. Adolf Hitler: beberapa negara, seperti Jerman, Malaysia, Meksiko, dan Selandia Baru telah melarang orang tua memberikan nama anaknya Adolf Hitler karena dianggap menyinggung.

8. Carolina: alfabet di Islandia tak menyertakan huruf 'C'. Dalam langkah yang sangat praktis, Islandia tak mengizinkan warganya untuk memberikan nama anak-anak mereka yang tak dapat ditulis dengan alfabet Islandia atau diucapkan dengan tata bahasa Islandia yang tepat.

9. Harry Potter: Harry berasal dari bahasa Jerman 'Heri' atau 'tentara', tetapi nama itu lebih dikaitkan dengan penyihir fiksi dan senama novel fantasi JK Rowling. Pemerintah Sonora, Meksiko, melarang warganya menamai anak mereka dengan nama tersebut karena dapat menyebabkan rasa malu dan intimidasi.

10. Nabi: nama-nama yang diambil dari istilah agama bisa menjadi kontroversial di Arab Saudi karena mereka sering dapat ditafsirkan dengan beberapa cara dalam bahasa Arab. Memberi anak nama depan Nabi atau Nabiyya, yang mengacu pada seorang nabi wanita, bisa dianggap menghujat.

Baca Juga: 50 Ide Nama Bayi Laki-laki dan Perempuan, Unik dan Filosofis

Baca Juga: Nggak Pasaran, Ini Sederet Ide Nama Bayi dari Bahasa Sansekerta

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.