Tetra Pak Indonesia bersama dengan KARA dan dua pegiat kuliner nusantara, Ibu Sisca Soewitomo dan Chef Devina Hermawan, mengadakan virtual talkshow bertajuk “Wariskan Resep Juara Kuliner Nusantara” , Kamis (15/10/2020). Virtual talkshow ini dibuat untuk menjawab sejumlah kebutuhan konsumen, khususnya ibu rumah tangga dalam mempersiapkan hidangan untuk keluarga pada situasi pandemi.

Melalui acara ini, Tetra Pak dan KARA mengajak konsumen, pegiat kuliner/chef, dan industri kuliner rumah untuk berpartisipasi dalam kompetisi KARA Cook from Home #WariskanResepJuara dengan mengunggah resep favorit keluarga dan fotonya di media sosial Instagram yang memanfaatkan produk santan kelapa kemasan. 

“Dengan tema wariskan resep juara, kami berharap para ibu rumah tangga bisa membagikan resep juara keluarganya atau resep turun temurun kuliner nusantara agar tetap dilestarikan secara kreatif. Kompetisi ini telah berlangsung secara rutin di media sosial Instagram dengan hadiah jutaan rupiah,” ungkap Kenedy Hermawan, Brand Manager PT Kara Santan Pertama.

Data menyebutkan sebesar 49% konsumen saat ini semakin giat dalam memasak dan menyiapkan masakan dari rumah. Selain itu, konsumen juga kerap membeli produk makanan minuman yang sehat dan bernutrisi sebagai persediaan dan pasokan selama situasi pandemi. Pada skala nasional, konsumen juga mulai beralih dari pasar tradisional ke pasar modern untuk mengurangi risiko penyebaran pandemi Covid-19.

Tak hanya itu, pada kesempatan talkshow tersebut para peserta juga diedukasi tentang teknologi Ultra High Temperature (UHT) dan enam lapisan kemasan aseptik dari Tetra Pak yang dapat memastikan produk santan kelapa kemasan higienis, mudah dipakai, dan bernutrisi.

Teknologi UHT memastikan bahwa produk santan kemasan telah dipanaskan 140oC dalam waktu 8-15 detik untuk mencapai kondisi sterilitas komersial telah tercapai (Fo = 3 menit), yang membunuh bakteri jahat dan mikroba Clostridum botulinum, serta mikroorganisme. Selain itu, enam lapisan kemasan memastikan umur simpannya tetap terjaga tanpa kehilangan rasa, nutrisi, dan tekstur dari santan kelapa secara alami.

Data dan perilaku konsumen di era pandemic juga yang melatarbelakangi, KARA merek asli Indonesia yang dimiliki oleh Sambu Group mengadakan KARA Cook from Home Challenge #WariskanResepJuara supaya mendukung konsumen, khususnya para ibu rumah tangga, berkreasi menciptakan resep dan bahkan memulai industri kuliner rumahan dengan memanfaatkan santan kelapa kemasan.