Menu

Tak Selalu karena Kanker, Ini 5 Penyebab Payudara Sering Gatal

15 September 2022 11:20 WIB
Tak Selalu karena Kanker, Ini 5 Penyebab Payudara Sering Gatal

Ilustrasi payudara yang sakit. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Bandung —

Payudara yang gatal memang bisa membuat aktivitas sehari-hari menjadi terganggu dan membuat wanita tak nyaman ketika berada di depan umum. Payudara yang gatal pun bisa membuat wanita tak fokus saat sedang berkegiatan karena rasa gatal yang tak tertahankan.

Payudara gatal pun bisa dialami oleh wanita manapun. Penyebabnya juga bermacam-macam, mulai dari bra yang terlalu ketat atau adanya perubahan hormon.

Namun, tetap jangan disepelekan ya, pasalnya, gatal pada payudara bisa membuat payudara iritasi dan semakin mengganggu aktivitas. Berikut 5 penyebab payudara terasa gatal, diantaranya:

1. Bra atau pakaian terlalu ketat

Bra atau pakaian terlalu ketat merupakan penyabab utama perempuan bisa mengalami gatal di area payudara. Hal ini terjadi akibat reaksi alergi contact dermatitis, yang rentan muncul ketika bagian payudara terlalu lembab.

2. Bahan kimia

Bahan-bahan kimia yang ada pada parfum, losion, hingga krim yang Anda gunakan juga bisa memicu gatal-gatal, apalagi jika digunakan di area payudara.

3. Perubahan hormon

Menstruasi dan kehamilan bisa membuat payudara gatal-gatal. Hal ini terjadi akibat perubahan hormon. Biasanya, gatal di payudara karena perubahan hormon juga dibarengi dengan pembengkakan dan nyeri ketika ditekan.

Baca Juga: Ternyata Jarang Pakai Bra Bisa Sebabkan Payudara Kamu Kendur Lho Beauty! Kenapa ya? Ini Kata Ahli

Baca Juga: Ternyata.. Ini Lho 4 Cara Mengatasi Payudara yang Kendur!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.