Moms, penting untuk menumbuhkan rasa empati pada anak sejak dini. Empati bisa membuat anak mengerti perasaan orang lain dan tahu bagaimana cara menempatkan diri dalam pergaulan dan menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan orang-orang. 

Ketika anak memiliki rasa empati, ia akan lebih peduli dan tak segan berbuat kebaikan untuk orang-orang di sekitarnya. Melansir dari laman Halodoc, Sabtu (17/10/2020) berikut tips mengajari anak untuk peduli pada sesama.

1. Mengakui Kebaikan yang Dilakukan Anak

Orangtua selalu memuji anak ketika mendapatkan nilai yang baik atau berhasil mengerjakan soal ujian. Namun jangan lupa, mengakui bagaimana anak bersikap kepada orang lain juga tak kalah pentingnya, terlebih jika itu berkaitan dengan kepedulian. Berikan apresiasi terhadap semua kebaikan yang anak lakukan untuk membuatnya mengerti bahwa peduli pada sesama itu sangat penting. 

2. Mengajari Perbedaan Itu Penting

Pola asuh anak yang baik adalah membantu anak-anak tumbuh dan berkembang dalam masyarakat yang beragam. Caranya adalah menjelaskan dengan baik kepada mereka tentang perbedaan, baik suku, agama, ras, penampilan fisik dan pendidikan tanpa pernah ada nada menggurui atau memihak salah satunya. Medianya bisa melalui televisi edukasi, buku, atau makan di restoran dengan berbagai menu. 

Baca Juga: Moms Perlu Tahu, Ini yang Harus Dilakukan oleh Orang Tua agar Proses Tumbuh Kembang Si Kecil dapat Berjalan dengan Baik!