Menu

Gawat! Ini 7 Tanda Paru-paru Gak Sehat, Nomor 3 Sering Dianggap Sepele Nih!

15 September 2022 18:30 WIB
Gawat! Ini 7 Tanda Paru-paru Gak Sehat, Nomor 3 Sering Dianggap Sepele Nih!

Ilustrasi seorang wanita yang mengidap paru-paru basah. (Freepik/eddows-animator)

HerStory, Jakarta —

Paru-paru merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting dan kesehatannya harus terus dijaga. Ketika paru-paru mengalami gangguan, proses pernapasan akan terhambat dan suplai oksigen jadi terganggu.

Ada beberapa penyebab paru-paru enggak sehat. Mulai dari kebiasaan merokok hingga faktor usia yang menyebabkan adanya penurunan kinerja paru-paru.

Melansir dari berbagai sumber (15/9/2022), berikut ini beberapa tanda paru-paru yang enggak sehat dan perlu kamu ketahui. Apa saja? Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Napas pendek

Napas pendek bisa jadi gejala paru-paru bermasalah. Kalau kamu memiliki masalah paru-paru yang tersembunyi atau mengalami stres, kamu akan lebih rentan terkena bakteri yang bisa memicu napas pendek.

2. Batuk berdarah

Batuk berdarah merupakan ciri-ciri yang paling mengkhawatirkan. Tanda yang satu ini merupakan awal mula penyakit fatal yang bisa mengancam jiwa. 

3. Batuk lama

Batuk memang menjadi tanda paru-paru bermasalah yang paling umum. Makanya, banyak orang yang akhirnya menganggap biasa. Jika batuk telah lebih dari delapan pekan, kondisi ini sudah menjadi batuk kronis.

Baca Juga: Yuk, Jaga Kesehatan Paru-pari di Tengah Wabah COVID-19 dengan Konsumsi Makanan Ini!

Baca Juga: Waduh! Ilmuwan Sebut Pasien Corona yang Telah Sembuh Alami Kerusakan Paru-paru Permanen

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.