Menu

Bahaya! Sering Pakai Celana Ketat, Jamur Bisa Bersarang di Miss V

15 September 2022 15:50 WIB
Bahaya! Sering Pakai Celana Ketat, Jamur Bisa Bersarang di Miss V

Ilustrasi miss V. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Keputihan pada miss v sudah cukup sering dialami oleh para wanita. Adanya keputihan sangat menggangu aktivitas, miss v terasa lembab, basah, dan menimbulkan aroma tak sedap.

Sayangnya, para wanita hanya tahu pada masalah keputihan. Padahal, wanita harus tahu lebih dekat dengan kesehatan organ intimnya. Salah satunya tentang Vilovaginitis, yaitu infeksi peradagangan yang terjadi di vulva (bibir miss v).

Melansir dari JPNN.com. Menurut dr Daulat SpKK, penyakit itu terjadi karena infeksi. Rinciannya, infeksi dari jamur kandida yang menyerang bibir Miss V. Vulvovaginitis tersebut bisa terjadi dan dialami wanita dengan segala usia.

“Ada banyak pencetus terjadinya vulvovagina kandidiasi. Beberapa faktor utamanya disebabkan jamur, kegemukan, pemakaian celana ketat, kencing manis (diabetes), atau daerah vagina yang selalu lembap,” ucap dokter dr Daulat yang merupakan dokter di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Wahab Sjaharani (AWS) tersebut.

Selain itu, menurut beberapa literatur, vulvovagina kandidiasi bisa terjadi karena penggunaan alat kontrasepsi. Daulat mengatakan, secara tak langsung, hal tersebut bisa saja terjadi. Tak sekadar pengaruh pemakaian pil atau alat kontrasepsi, tetapi vulvovagina kandidiasi juga terjadi karena faktor hormonal.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Wanita Saat Membersihkan Miss V

Baca Juga: 5 Bahan Alami Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Membersihkan Miss V, Ampuhkah?

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.