Beauty, taukah kamu? putih telur tak hanya bisa mengencangkan kulit, tetapi juga menangani minyak dengan mengecilkan pori-pori di permukaan wajah. Ditambah lagi, putih telur mengandung enzim lysozyme yang membunuh bakteri yang menyebabkan jerawat. 

Namun, tak hanya untuk tipe kulit berminyak dan berjerawat saja. Putih telur juga bisa mengatasi masalah kulit kering. Kamu bisa menambahkan bahan alami lainnya dalam masker, agar khasiat putih telur bekerja efektif sesuai jenis kulitmu. Melansir dari cosmopolitan, Sabtu (17/10/2020) berikut cara membuat masker putih telur.

1. Tipe Kulit Berminyak dan Berjerawat

Apakah kamu memiliki tipe kulit berminyak dan berjerawat? Kamu bisa menambahkan sari jus lemon dan madu ke dalam masker putih telurmu untuk menghilangkan minyak berlebih dan jerawat yang menyebalkan. Madu mengandung antiseptik dan kandungan anti-bakteri yang juga berguna sebagai moisturizer, sedangkan jus lemon mengandung zat kuat yang melawan bakteri dan menyegarkan kulit.

Bahan-bahan

  • 1 putih telur
  • 1 sendok teh jus lemon segar
  • ½ sendok teh madu

Cara Membuat

  1. Kocok putih telur dengan jus lemon di sebuah mangkok bersih hingga campuran tersebut berbusa. Tambahkan madu dan aduk hingga rata.
  2. Bilas wajahmu dengan air hangat untuk membuka pori-pori. Dengan tangan bersih atau bola kapas, aplikasikan masker ke wajah (hindari area sensitif sekitar mata dan mulut, ya).
  3. Saatnya untuk bersantai! Tinggalkan masker selama 10-15 menit sampai masker sudah mengering di wajah. Bilas wajah dengan lembut menggunakan air hangat, kemudian keringkan wajah dengan handuk.

2. Tipe Kulit Kering

Egg white mask juga cocok untuk tipe kulit kering, lho! Dengan kandungan buah alpukat yang kaya vitamin, protein dan riboflavin, kulit wajahmu akan terhidrasi. Tambahkan yogurt untuk mengusir bakteri yang menyebabkan jerawat dan menyehatkan kulit kering. 

Bahan-bahan 

  • 1 putih telur
  • ¼ alpukat matang
  • 1 sendok teh yogurt

Baca Juga: 5 Resep Masker Homemade Berbahan Dasar Alami, Cara Bikinnya Gampang lho!

Cara Membuat

  1. Gunakan garpu untuk menumbuk buah alpukat hingga halus. Tambahkan putih telur dan yogurt, aduk hingga rata.
  2. Oleskan masker di wajah dengan tangan bersih, diamkan selama 15 menit.
  3. Bilas masker dengan air hangat, kemudian keringkan wajah dengan handuk.