Menu

Moms Wajib Tahu, Ini Tips Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga Biar Pos Lainnya Gak Jebol, Catet!

16 September 2022 06:17 WIB
Moms Wajib Tahu, Ini Tips Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga Biar Pos Lainnya Gak Jebol, Catet!

Ilustrasi pasangan sedang membicarakan perencanaan keuangan. (Pinterest/Freepik)

HerStory, Jakarta —

Moms, kita semua pasti sadar jika mengelola keuangan bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Apalagi, merdeka dari persoalan keuangan. Dibutuhkan perjuangan untuk bisa mencapai titik tersebut.

Menurut perencana keuangan keluarga, Annisa Steviani, CFP, AEPP., banyak tantangan yang dapat menghambat terciptanya kebahagiaan keluarga, terlebih di masa pandemi ini, seperti ketidaksiapan menyongsong hari esok yang penuh ketidakpastian.

“Dan faktanya, 56,5% responden usia produktif mengaku bahwa mayoritas tabungan untuk sebagai dana darurat hanya cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari selama 3 atau kurang dari 3 bulan,” tutur Annisa, saat acara peluncuran produk baru Prudential, di Resto Seribu Rasa, Gunawarman, Jakarta Selatan, Kamis (15/9/2022).

Oleh karenanya, kata Annisa, di tengah biaya hidup yang terus meningkat, ditambah risiko sakit yang proses perawatannya kompleks dan membutuhkan anggaran besar, dibutuhkan perencanaan keuangan yang baik agar tak membebani keluarga.

Lebih lanjut, Annisa pun kemudian menjabarkan detail bahwa tantangan keluarga berasal dari faktor eksternal (inflasi, biaya kesehatan, hingga jumlah dan jenis penyakit yang meluas) dan faktor internal (kondisi finansial serta financial behavior).

“Terdapat empat pos yang dikhawatirkan oleh 22% masyarakat di negara berkembang seperti Indonesia, di antaranya; dana masa tua, biaya kesehatan akibat penyakit serius atau kecelakaan, pengeluaran bulanan dan dana pendidikan," paparnya.

"Di kondisi kita yang mulai mencoba kembali bangkit ini, hampir dua dari tiga masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah (64%) mengakui bahwa kesehatan adalah biaya yang mereka sangat mengkhawatirkan,” sambungnya.

Dengan fakta tersebut, Annisa menekankan pentingnya perencanaan keuangan yang strategis seperti dana darurat yang besarannya berkisar 6-12 kali lipat pengeluaran – sesuai kondisi dan tujuan keuangan tiap keluarga.

On top of that, sisihkan juga dana untuk polis asuransi kesehatan sehingga keluarga tetap terlindungi jika terjadi hal-hal ‘pasti’ yang tidak diinginkan, seperti sakit, kecelakaan lalu lintas hingga kematian. Pilih asuransi yang mampu memberikan manfaat komplit sesuai kemampuan dan kebutuhan keluarga tanpa mengganggu pos keuangan lainnya,” tambah Annisa.

Baca Juga: Anak Boros? Yuk, Ajari Mengatur Keuangan Sejak Masih Sekolah!

Baca Juga: Abaikan Saja! Inilah Saran Mengelola Keuangan yang Harus Moms Pertimbangkan!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.