Menu

Bisa Jadi Ide Habiskan Akhir Pekan, Ini 7 Daftar Kuliner yang Wajib Kamu Coba Jika Berkunjung ke Bali! Nomor 2 Jangan Sampai Dilewatkan!

16 September 2022 10:45 WIB
Bisa Jadi Ide Habiskan Akhir Pekan, Ini 7 Daftar Kuliner yang Wajib Kamu Coba Jika Berkunjung ke Bali! Nomor 2 Jangan Sampai Dilewatkan!

Ayam Betutu Khas Bali (ResepIstimewa)

HerStory, Jakarta —

Ketika ingin melepas penat dan stres, pulau Bali adalah tujuan destinasi wisata yang seringkali menjadi pilihan karena keindahan alamnya. Selain itu, makanan khas dari pulau ini pun gak kalah menarik untuk dinikmati.

Bahkan, banyak turis mancanegara yang ikut menikmati kuliner khas rakyat Bali yang lezat selain berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya.

Merangkum dari beberapa sumber, berikut ini ada beberapa daftar makanan khas Bali yang wajib kamu coba Beauty, simak yuk!

1. Sate Lilit Bali

Kuliner yang satu ini begitu sangat identik dengan pulau Bali. Sate lilit berbeda dengan kebanyakan sate-sate lain, umumnya yang biasanya ditusuk dan dalam penyajiannya disuguhkan dengan menggunakan bumbu kacang. Sate lilit khas Bali ini disajikan dengan cara yang cukup berbeda, yaitu dengan melilitkan adonan sate yang telah dicampur dengan bumbu khas, dan juga pada saat  menyajikannya biasaya dihidangkan bersama dengan sambal khas Bali. Akan terasa lebih nikmat apabila ditemani dengan sayur plecing.

Biasanya daging yang digunakan untuk membuat sate lilit khas Bali ini yaitu daging ikan tuna dan juga daging ayam. Dalam proses pembuatan sate lilit ini hanya butuh untuk menghaluskan daging, yaitu  dengan cara menggilingnya lalu campurkan dengan bumbu yang terdiri dari bawang merah, serai, daun jeruk, dan juga bawang putih. Kemudian adonan yang sudah tercampur secara merata, dililitkan ke tusuk sate, lalu setelah itu di panggang hingga matang.

2. Ayam Betutu

Betutu merupakan salah satu hidangan khas Bali, yaitu berupa ayam atau bebek bisa dikukus dan bisa juga dipanggang, yang dicampurkan bersama dengan rempah-rempah yang kaya akan citarasa khas Betutu. Hidangan pedas dan penuh rempah yang satu ini sangat terkenal dan menjadi salah satu makanan favorit di Bali dan Lombok. 

Campuran dari rempah-rempah Betutu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, jahe liar, lengkuas, kemiri, cabai, terasi, dan juga kacang, semuanya ditumbuk sampai halus dengan menggunakan ulekan. Bumbu yang sudah dihaluskan tersebut kemudian ditumis dan dioleskan pada ayam atau bebek yang hendak dimasak.

3. Sambal Matah

Nah, untuk makanan yang satu ini juga biasanya disajikan bersama dengan nasi campur. Bahkan saking terkenalnya, sekarang juga banyak disajikan dengan beraneka ragam makanan lain, misalnya seperti ayam geprek sambal matah yang sudah menjamur di seluruh Indonesia.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Indonesia Ini Jadi Favorit Saat Momen Valentine, Apa Aja Ya?

Baca Juga: Air bagai Kristal hingga Pasir Pink, Ini 9 Pantai yang Wajib Kamu Kunjungi

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.