Menu

Jangan Bingung Moms! Bayi Rewel dan Nangis Tanpa Henti? Ini Lho Cara Terbaik Menenangkannya! Cuss Buktikan...

16 September 2022 11:25 WIB
Jangan Bingung Moms! Bayi Rewel dan Nangis Tanpa Henti? Ini Lho Cara Terbaik Menenangkannya! Cuss Buktikan...

ilustrasi bayi menangis (pinterest/edited by herstory)

HerStory, Jakarta —

Selain menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk pasangan baru, memiliki bayi di awal pernikahan pasti akan sangat memusingkan. Maka dari itu, pasangan suami istri harus bekerja sama dengan membagi waktu untuk menjaga si kecil.

Terutama saat menangani bayi ketika menangis, beragam upaya yang bisa dilakukan jadi alternatif untuk membuat bayi berhenti menangis. Namun tahukah kamu sebuah penelitian menyebutkan bahwa menggendong bayi sambil berjalan kaki selama sekitar lima menit merupakan cara terbaik untuk meredakan dan menenangkan bayi yang menangis.

Strategi menenangkan bayi berbasis bukti (evidence-based) itu merujuk dari eksperimen yang dilakukan di Jepang dan Italia, yang dianalisis dan diterbitkan dalam jurnal Current Biology. Tim penulis makalah mengatakan mereka berharap temuan tersebut dapat bermanfaat bagi orang tua yang stres dalam menghadapi bayi, terutama bagi yang tak berpengalaman.

“Saya telah membesarkan empat anak. Tetapi bahkan saya tidak dapat memperkirakan hasil utama dari penelitian ini sampai data statistik muncul,” kata Kumi Kuroda penulis senior dari RIKEN Center for Brain Science di Jepang dalam sebuah pernyataan video, dikutip Antara dari AFP.

Sebelumnya, tim peneliti telah mempelajari respon yang muncul pada mamalia seperti tikus, anjing, dan monyet. Ketika hewan-hewan ini menggendong bayi mereka dan mulai berjalan, bayi menjadi pendiam dan penurut, serta detak jantungnya melambat.

Kuroda dan rekannya ingin mengeksplorasi hal tersebut lebih jauh pada manusia dan membandingkan efeknya dengan perilaku menenangkan bayi lainnya seperti menggoyangkan bayi di satu tempat.

Peneliti merekrut 21 pasangan ibu dan bayi berusia 0-7 bulan untuk menguji dalam empat kondisi, yaitu digendong sambil bergerak, dipegang diam sambil ibu dalam posisi duduk, dibaringkan di tempat tidur yang tenang, atau dibaringkan di ranjang goyang.

Intensitas menangis berkurang dan detak jantung melambat dalam 30 detik ketika bayi digendong ibu sambil bergerak. Efek yang sama muncul ketika bayi di ranjang goyang, tetapi tak sama ketika bayi hanya dipegang tanpa gerak.

Baca Juga: Let's Try! 5 Tips Ini Membantumu Keluar dari Zona Nyaman

Baca Juga: Canggung Ketika Bertemu Dengan Orang Asing? Lakukan 7 Trik Ini untuk Memulai Percakapan

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.