Menu

Gaungkan Kampanye Body Positivity, Marshanda Angkat Bicara Soal Body Shaming oleh Orang Terdekat

16 September 2022 12:03 WIB
Gaungkan Kampanye Body Positivity, Marshanda Angkat Bicara Soal Body Shaming oleh Orang Terdekat

Marshanda (Instagram/marshanda99)

HerStory, Jakarta —

Body shaming merupakan tindakan mengolok-olok orang lain dengan cara memberikan komentar negatif soal tubuh orang lain. Hal ini terjadi sebab tubuh seseorang dinilai tak memenuhi standar ideal.

Padahal, pada dasarnya tak ada standar khusus yang menentukan bagus atau enggaknya tubuh. Konsep ideal tersebut merupakan hasil konstruksi sosial yang diyakini benar dan dipercaya banyak orang.

Melunturkan kepercayaan soal tubuh ideal merupakan tubuh langsing semampai, munculnya gerakan body positivity. Gerakan ini berguna untuk mendorong setiap orang agar lebih mencintai bentuk tubuhnya.

Marshanda merupakan artis yang turut mengkampanyekan gerakan ini sejak setahun lalu. Melalui unggahan Instagram (7/2021), ia pernah membagikan foto bertajuk “My Body is Perfect and I Love It”.

Unggahan tersebut berisi foto Marshanda tanpa dipoles edit digital. Ia memamerkan bentuk tubuh dan menepis anggapan bahwa wanita cantik harus bertubuh cantik.

Tak hanya itu, belum lama ini Marshanda juga kembali menyuarakan tentang body positivity melalui karya film yang dibintanginya. Lewat “Gendut Siapa Takut?!” Marshanda memberikan dorongan kepada semua orang untuk lebih mencintai tubuhnya dan mengabaikan body shaming yang ada.

Meski begitu, ia mengakui bahwa body shaming merupakan tindakan yang mengakar dan sulit diubah. Apalagi, banyak orang yang berkedok bercanda saat melakukan penghinaan terhadap tubuh tersebut.

Baca Juga: Wow! 5 Model Dunia Mengunggah Stretch Marksnya ke Instagram

Baca Juga: Gak Ada Standar Body Goals! Paling Penting Tubuh Sehat, lho!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.