Menu

5 Penyebab Gairah Wanita Menurun saat 'Ena-ena', PakSu Udah Tahu Belum?

16 September 2022 22:10 WIB
5 Penyebab Gairah Wanita Menurun saat 'Ena-ena', PakSu Udah Tahu Belum?

Ilustrasi gairah seks menurun. (Thinkerstock/Edited By HerStory)

HerStory, Bekasi —

Gairah seks tentu memiliki peran penting dalam keberhasilan hubungan seks.  Agar sesi bercinta makin panas, tentu saja kedua belah pihak harus memiliki gairah yang menggebu-gebu.

Namun gak jarang gairah justru malah drop di ranjang. Lantas, apa saja penyebabnya? Dilansir laman Jpnn.com, berikut penyebab gairah wanita turun saat 'ena-ena'.

1. Menderita Penyakit Tertentu

Wanita yang menderita penyakit kronis tertentu, termasuk penyakit yang gak berhubungan langsung dengan aktivitas ranjang, bisa mengalami penurunan gairah.

Penyakit yang dimaksud antara lain adalah kanker, diabetes, obesitas, arthritis, anemia, hipotiroidisme, penyakit jantung, dan gangguan sistem saraf.

2. Mengalami Masalah Reproduksi

Wanita yang mengalami masalah kewanitaan seperti nyeri ketika berhubungan intim atau kesulitan untuk mencapai puncak, tentunya tidak bisa menikmati rutinitas hubungan sebagaimana mestinya.

Jika masalah tersebut gak segera dicari tahu penyebabnya dan ditangani, maka gairah kamu pun akan menurun.

3. Mengonsumsi Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga diketahui bisa menurunkan gairah pada wanita.

Obat-obatan yang bisa menyebabkan libido wanita menurun antara lain adalah antidepresan, obat darah tinggi, obat kejang, dan pil KB.

4. Mengalami Perubahan Hormon

Perubahan kadar hormon, seperti hormon tiroid, dan hormon kortisol, juga bisa menurunkan keinginan seorang wanita untuk berhubungan.

Perubahan kadar hormon ini biasanya terjadi ketika wanita tengah berada dalam kondisi hamil, menyusui, atau memasuki masa menopause.

Perubahan hormon saat hamil dan menyusui juga bisa menyebabkan perubahan pada bentuk tubuh wanita. Kondisi itu bisa membuatnya tidak nyaman dan mudah mengalami kelelahan.

Selain itu, perubahan hormon juga bisa menimbulkan perasaan tertekan sehingga turut berpengaruh terhadap gairahnya.

5. Gaya Hidup Gak Sehat

Kebiasaan merokok, minum alkohol dengan jumlah berlebihan, dan penyalahgunaan obat-obatan terlarang merupakan contoh dari gaya hidup tidak sehat. Dalam jangka panjang, kebiasaan semacam ini juga akan berpengaruh terhadap tingkat gairah pada wanita.

Nah, itu dia beberapa penyebab gairah wanita menurun.

Baca Juga: Bukan Bukti Feminisme, Stop Lakukan Friend With Benefit!

Baca Juga: Ternyata Ini Lho Alasan 'Bercinta' Sangat Menyakitkan Bagi Wanita, Working Moms Perlu Tahu!

Ketinggalan informasi bikin kamu insecure, Beauty. Yuk, ikuti artikel terbaru HerStory dengan klik tombol bintang di Google News.